Warga NU Harus Tahu Kalau Ada Hari Santri

0
69

s-skj1

Sukorejo pcnukendal.id. Sebagai warga NU yang mayoritas adalah kaum santri, sudah selayak jika warga NU mengetahui kalau dua tahun ini ada peringatan “Hari Santri” tanggal 22 Oktober.

Demikian dikatakan ketua MWC NU Sukorejo, Fahroji, saat memberikan sambutan dalam acara “Khoul Mbah Cawis (Sirojudin) di maqbarah desa Peron kecamatan Sukorejo, Jum’at (7/10).

Hadir sebagai pembicara dalam khoul tersebut KH. Ahmad Suud Chaer, M.Si dari Pamriyan Gemuh yang juga wakil ketua PCNU Kendal.
“Bapak-bapak, ibu-ibu warga NU, tanggal 22 Oktober yang akan datang kita akan memperingati hari santri”, kata Fahroji  di hadapan lima ratusan warga NU Peron.

s-skj2
Hari santri, jelas Fahroji, ditetapkan oleh presiden Joko Widodo berdasarkan surat keputusan nomor 22Tahun 2015. Menurutnya  hari santri sesungguhnya bentuk pengakuan eksistensi santri  di negeri yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam dan memberi andil yang tak ternilai, jiwa dan raga, kepada negeri yang diproklamasikan pada 17 Agustus 1945.

Menurut guru sejarah MTs NU Ar Rahmat Sukorejo yang sedang cuti (non aktif) mengajar itu, peristiwa heroik arek-arek Surabaya pada 10 November 1945 yang kemudian dikenal sebagai “Hari Pahlawan” sesungguhnya tidak bisa lepas dari peran kyai dalam memobilisasi para santri. Hari pahlawan menurutnya juga sangat berkaitan erat dengan peristiwa “Resolusi Jihad” yang  dikomando oleh KH. Hasyim Asy’ari. Ditambahkan, di masa lampau sejarah kadang tidak ditulis secara utuh sehingga peran  kyai dan santri dalam peristiwa 10 November seakan-akan tidak ada. Akhirnya generasi muda banyak yang tidak tahu kalau ada peran penting kaum sarungan dalam peristiwa heroik tersebut.

“Kita wajib bersyukur dengan ditetapkanya hari santri berarti sejarah telah diluruskan kembali” tegasnya.

Hal lain yang disampaikan dalam sambutannya adalah sosialisasi program Kartanu dari PBNU, Pembangunan RSNU Kendal dan rencana pembangunan gedung MWC NU Sukorejo.

“Semoga program-program NU di semua tingkatan dapat berjalan lancar dan sukses” pungkasnya mengakhiri sambutan. (Ali Ma’shum).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here