Warga Mojo Antusias Sambut 10 Muharram

0
62

whatsapp-image-2016-09-24-at-05-55-03

Ringinarum, pcnukendal.id. Pemerintah desa Mojo akan menggelar tasyakuran dalam rangka memperingati Hari besar Islam, 10 Muharram 1438 H. Acara yang akan digelar tepat pada malam 10 Muharram tersebut mendapat respon yang sangat positif dari berbagai kalangan baik tokoh agama, tokoh masyarakat maupun tokoh pemuda setempat.

Antusiasme warga itu terlihat saat rapat di balai desa Mojo, Jum’at (23/9) yang dilanjutkan dengan pembentukan panitia peringatan 10 Muharam 1438 H.

Kepala Desa Mojo, Nasikin Ahwan, dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Desa sangat mendukung rencana tersebut.

Lebih lanjut Nasihin menjelaskan pada tahun ini acara peringatan 10 Muharram akan digelar untuk masyarakat umum, sehingga untuk mensukseskan rencana tersebut pihak Pemerintah Desa bekerjasama dengan Pengurus Ranting NU desa Mojo dan Banomnya serta semua elemen yang ada di desa.

Ahmad Mujib, yang didaulat menjadi ketua panitia melihat semangat para peserta musyawarah sangat antusias sehingga ia optimis acara akan berjalan sesuai dengan rencana.

Acara semacam itu menurut Mujib yang juga menjabat Modin setempat, sudah berjalan sejak tahun yang lalu. Namun, untuk tahun ini acara dikonsep berbeda dari tahun sebelumnya dan akan digelar untuk umum.

Ditambahkan Mujib, panitia juga membuka kesempatan bagi para aghniya’ yang akan ikut menyantuni anak yatim pada malam harinya..

whatsapp-image-2016-09-24-at-05-55-04

Konsep Acara

Terkait dengan konsep acara peringatan 10 Muharram tahun ini akan didesaign lebih bernuansa islami. Acara yang akan dimulai pada Senin Pagi 10 Oktober 2016 / 9 Muharram 1438 H tersebut diawali dengan Sima’an Al Qur’an 30 Juz secara serentak yang di selenggarakan di setiap Musholla dan Masjid yang ada di desa Mojo.

Setelah acara Sima’an Al Qur’an selesai, akan dilanjutkan pada sore harinya dengan agenda ziarah massal ke makam para Auliya’ dan pendiri desa Mojo yang akan diadakan di tempat pemakaman desa Mojo.

Puncak acara peringatan 10 Muharram akan diselenggarakan pada Malam 10 Muharram 1438 H dengan santunan anak yatim yang kemudian dilanjutkan dengan istighotsah kubro yang akan dihadiri oleh Al Mukarom KH. Adib Anas Noor pengasuh PP. Wasilatul Huda Tamangede Gemuh.

Ditempat terpisah Ky. Abdul Wachid Syuriah NU desa Mojo menyampaiakn bahwa acara tersebut bisa juga disebut Ngruwat Deso cuma caranya yang berbeda. Saat ini cara yang lebih tepat dilakukan adalah mendekatkan diri kepada Allah Swt. Karena dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hidup menjadi tenang dan berkah. Tandasnya. (Fathur/Fahroji)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here