UPZISNU Jungsemi Bagikan Zakat Mal

0
126

Kangkung, pcnukendal.com – Unit Pengumpul Zakat, Infaq dan Sedekah (UPZIS) NU Desa Jungsemi kembali mengadakan pengajian umum dalam rangka pembagian zakat mal, Senin (12/8) malam.

Pembagian zakat mal yang didahului dengan kegiatan pengajian umum itu telah menjadi agenda rutin setiap tahun. Kegiatan itu dilakukan dengan maksud untuk menggugah semangat berzakat masyarakat dan kesadaran untuk bermuhasabah sejauh mana mereka telah berinfaq di jalan Alloh.

Menurut Ketua UPZISNU Desa Jungsemi, Ahmad Syarifudin, dengan berzakat dapat mensucikan harta yang dimiliki, selain itu dengan berbagi dapat menciptakan kasih sayang antar sesama.

Berdasarkan laporan yang disampaikan, zakat yang terkumpul berupa uang dan hasil pertanian, yakni senilai 29.806.000 rupiah, 74 kg beras dan 250 kg gabah. Pada kesempatan itu dilakukan serah terima perolehan zakat secara simbolis. Zakat akan dibagikan usai kegiatan pengajian.

Turut hadir Ketua Tanfidziyah MWC NU Kangkung, Ketua PAC GP Ansor dan Ketua Lazisnu Kecamatan Kangkung. Dalam sambutannya, Ketua Tanfidziyah MWC NU, Ahmad Khoiron menyampaikan agar pengelolaan zakat dapat dilaksanakan melalui Lazisnu. Ia juga mengingatkan pentingnya administrasi pengelolaan zakat. Menurutnya, pengelolaan zakat di Kecamatan Kangkung sudah sangat baik namun administrasi pengelolaannya juga perlu diperhatikan.

Sementara pada acara pengajian disampaikan mauidhoh hasanah oleh Kyai Nur Amin dari Sendang Kulon. Ia menyampaikan sejarah dan dakwah wali songo. Menurutnya walisongo dalam dakwaknya menjalankan prinsip at-tawassuth yakni sikap tengah-tengah atau sedang-sedang, at-tawazun atau seimbang, al-i’tidal atau tegak lurus dan tasamuh atau menghargai perbedaan. (Mufty)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here