Tradisi Lebaran di Kelurahan Kebondalem

0
67

Kendal, pcnukendal.com – Hari lebaran adalah hari kemenangan bagi umat Islam, kemenangan setelah 30 hari menjalani puasa Ramadhan. Banyak tradisi turun temurun yang tak lekang oleh waktu dalam menyambut lebaran. Diantaranya maaf maafan dihari lebaran, kebiasaan yang dibangun semenjak puluhan tahun yang lalu.

Tradisi tahunan itu juga yang tergambar di RT 14 Kelurahan Kebondalem saat Idul Fitri, Rabu (05/06). Setelah melaksanakan sholat Ied di Masjid Agung Kendal, warga berkumpul di Musholla Al Mashitoh untuk bermaaf maafan. Sebelumnya disampaikan ceramah oleh H. Syafii, tokoh agama setempat.

Dalam ceramahnya, H. Syafii menyampaikan pesan untuk meningkatkan kualitas dalam beribadah terutama dalam melaksanakan sholat lima waktu. Selain itu, tali silaturahmi antar warga harus tetap terjaga agar tercipta harmonisasi dalam bermasyarakat.

Setelah itu, remaja kampung yang tergabung dalam “Renggans” melakukan kunjungan ditiap rumah warga RT 14 mulai dari ujung timur sampai barat gang yang dipimpin oleh Fikal sebagai Ketua.

Tradisi itu dimaksudkan untuk membentuk karakter remaja kampung yang harmonis dan menambah persaudaraan antar warga gang manggis.

Rangkaian tradisi pada hari lebaranpun berlanjut dengan nyekar ke tempat pemakaman untuk mendoakan keluarga, orang tua dan saudara yang telah tiada. Pada saat nyekar juga dilakukan tabur bunga. (Bayoe)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here