TPQ Uswatun Hasanah Tanjungmojo Gelar Rapat Pleno Wali Murid

0
314

tpq-tm1

Kangkung pcnukendal.id TPQ Uswatun Hasanah Tanjungmojo bersama para wali murid mengadakan rapat pleno, Ahad (16/10). Acara yang dilaksaakan di MDA Al-Ilham Tanjungmojo itu digelar untuk menyampaikan laporan infaq pendidikan tahun lalu serta pembahasan rencana anggaran belanja tahun ajaran baru 1437/1438 H.

Ada beberapa poin yang disepakati dalam rapat itu. Yang pertama, syahriah santri selama satu tahun adalah Rp. 200.000,-/santri. Adapun sumbangan pembangunan gedung TPQ sebesar RP. 100.000,-/wali santri. Lalu di akhir tahun, untuk pelaksanaan akhirussanah, tiap wali santri diminta sumbangan sebesar Rp. 100.000,-.

Kyai Muhyidin, tokoh desa Tanjungmojo, menerangkan bahwa infaq pendidikan sebenarnya tergantung dengan niat masing-masing orang tua. Tetapi jika berusaha dengan sungguh-sungguh, Allah pasti memudahkan jalan untuk memberikan infaq pendidikan.

tpq-tm2

Kyai jebolan pesantren Pacul Gowang Jawa Timur itu lalu bercerita tentang Sahabat Ali bin Abi Thalib. Khalifah keempat itu pernah menyatakan bahwa ia adalah budak dari orang yang mengajarkan al-Qur’an, walaupun cuma satu huruf. Karena itu, menurut Muhyidin, memuliakan guru adalah sarat mutlak bagi keberkahan belajar anak.

“Kalau ada anak yang sulit diajar, mungkin itu dikarenakan orang tuanya yang kurang sadar atas tanggung jawabnya terhadap guru,” tegas Muhyidin.

Karyono menambahi bahwa keberadaan TPQ sangat penting dan patut disyukuri oleh masyarakat. Ia menuturkan, bahwa kewajiban mengajarkan al-Qur’an sebenarnya tugas orang tua. Dengan adanya TPQ, itu artinya beban orang tua dalam membimbing putra-putrinya menjadi lebih ringan.

“Karena itu, selayaknya orang tua yang anaknya belajar di TPQ sadar atas kewajibannya terhadap lembaga yang mendidik anaknya itu,” tutur Karyono.

Sabidin, kepala TPQ Uswatun Hasanah, meminta maaf atas kekurangan yang terjadi selama ia memimpin tahun kemarin. Ia juga memohon dukungan orang tua dalam membimbing para santri dengan ikut memantau perkembangan anak mereka ketika di rumah.

“Bimbingan bapak ibu semua di rumah untuk melatih anak membaca al Qur’an sangat menentukan keberhasilan mereka,” tutur Sabidin. (Fatwa/Zubair).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here