TPQ NU 18 Hidayatul Mubtadiin Adakan Ziarah

0
33

Ringinarum. TPQ NU 18 Hidayatul Mubtadin desa Caruban mengadakan ziarah ke makan para wali dan aulia.Ziarah yang diadakan Kamis(31/3) menggunakan dua armada bus dengan 120 peserta yang terdiri dari santri, wali santri dan tokoh agama setempat.

Menurut H. Muhammad Husnan, ketua ziarah, menjelaskan bahwa rute ziarah diawali dari mengunjungi makam Sapuro di Pekalongan kemudian dilanjutkan ke makam aulia di Pemalang dan berakhir di makam Sunan Gunung Jati Cirebon.

Lebih lanjut Husnan mengatakan bahwa ziarah sudah dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Ada sisi lain yang dapat dimanfaatkan dari kegiatan ziarah yakni meliibatkan wali santri dan masyarakat dalam pembangunan gedung TPQ.

Ditambahkannya bahwa ziarah sengaja dipilih karena sebelumnya terbilang efektif sukses sebagai sarana penggalian dana.

“Karena pembangunan gedung TPQ belum selesai, akhirnya kita pilih mengadakan ziarah lagi”, tegas Husnan.

Hal senada juga disampaikan ketua TPQ,H. Ahmad Jumadi, bahwa memang benar kegiatan ziarah terbilang efektif untuk menggali.

Ziarah, lanjut Jumadi, ada dua keuntungan. Pertama, peserta bisa berziarah langsung ke makam para wali dan aulia untuk berdoa dan berwasilah.

Kedua, tambah Jumadi, sisa dana ziarah dapat disalurkan untuk pembangunan gedung TPQ lantai dua. Itu sama artinya mereka telah menginfakan untuk pembangunan gedung TPQ.

“Jadi ada dua pahala yang dapat mereka peroleh,” pungkas Jumadi.(Mulazim/Fahroji)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here