TPQ Gebanganom Wetan Wisuda Santri di Bulan Muharram

0
48

Kangkung, pcnukendal.com – Taman Pendidikan Alquran NU 14 Syafi’iyyah Salafiyah Desa Gebanganom Wetan Kecamatan Kangkung mengadakan Imtihan dan Wisuda XXI pada Minggu (15/9). Acara berlangsung di halaman TPQ setempat. Sebanyak 15 santri diwisuda pada acara ini, 6 santri putri dan 9 santri putra.

Menurut Muhammad Anshori, Kepala TPQ,  acara wisuda telah menjadi agenda tahunan TPQnya, meskipun dilaksanakan pada bulan Muharram tidak seperti TPQ pada umumnya yang menyelenggarakan acara wisuda pada akhir tahun ataupun awal tahun.

Anshori berharap para santri yang diwisuda dapat menjadi anak yang shaleh dan shalehah, membanggakan kedua orang tua dan menjadi generasi yang mengamalkan Alquran dalam kehidupan bermasyarakat.

Selain wisuda, pada kesempatan itu juga diberikan santunan untuk anak yatim dan beasiswa pendidikan bagi santri TPQ. Santunan dan beasiswa tersebut diinisiasi oleh IPNU-IPPNU Gebanganom Wetan sebagai wujud kepedulian mereka terhadap anak yatim di lingkungannya.

Usai wisuda dan santunan, disampaikan mauidhoh hasanah oleh KH Raden Ahmad Musyafak dari Semarang. Da’i yang sering disebut Ki Joko Kendil itu mengajak hadirin untuk ber-Islam secara kaffah, bukan Islam KTP, yakni mengamalkan Islam dengan mengerjakan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya.

“Yang sembahyang akan mulia hidupnya, yang tidak sembahyang akan sengsara,” katanya disambung shalawat rebana.

Ia juga berharap dengan adanya wisuda dapat menggugah masyarakat agar membekali puta-putri mereka belajar agama sejak dini. Karena menurutnya mencari ilmu tidak ada batas waktunya. Selain itu, ia juga menghimbau para orang tua untuk mendoakan dan memberikan kewajiban infaq dan amal jariyah untuk kelangsungan pendidikan di TPQ. (Mufty)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here