TIDURNYA ALIM LEBIH BAIK DARIPADA IBADAHNYA JAHIL

0
337

Rasululloh SAW bersabda :

نوم العالم خير من عبادة الجاهل

“Tidurnya orang àlim lebih baik darpada ibadahnya orang bodoh”.

Untuk membuktikan kebenaran hadits ini, simaklah kisah Imam Ahmad bin Hanbal (pendiri madzhab Hanbali) dan anaknya Sayid Abdullah.

Alkisah, setiap kali pengajian Imam Ahmad mengajak para muridnya untuk membaca Surat al-Fatihah yang kemudian dihadiahkan pahalanya kepada gurunya, Imam Syafii. Maka Sayid Abdullah penasaran terhadap sosok Imam Syafii, dan berkata : “Aku sdh sangat kagum terhadap keilmuan dan ibadah ayahku. Lalu Imam Syafii yang ayahku sanjung itu tentu lebih banyak ilmunya dan lebih banyak ibadahnya. Kapan aku bisa bertemu dengannya?”.

Suatu saat Imam Syafii mampir ke rumah Imam Ahmad dan menyatakan ingin bermalam. Mendengar itu, Sayid Abdullah senang sekali. Imam Ahmad menyediakan kamar khusus untuk gurunya, Imam Syafii. Ketika menjelang malam, Sayid Abdullah tidak mau tidur karena ingin mengintai Imam Syafii agar tahu berapa banyak beliau melakukan sholat malam. Ternyata sejak sepertiga malam awal hingga subuh, Imam Syafii tidur nyenyak, tidak banyak melakukan sholat malam. Sayid Abdullah bergumam : “Ini imam besar yang ayahku sanjung, kok semalaman malah tidur, apakah ayahku salah menyanjung orang?”. Setelah selesai jamaah subuh, Imam Syafii mengajak mujalasah dengan Imam Ahmad dan anaknya, Sayid Abdullah. Di mujalasah itu, Imam Syafii berkata : “Muridku Imam Ahmad, semoga engkau dibalas Alloh atas jasamu kepadaku”. Imam Ahmad : “Jasa apa, Guru?”. Imam Syafii : “Aku bermalam di rumahmu mendapat banyak barakah. Di perjalanan panjang yg kutempuh kemarin, aku sedang menulis banyak bab tentang fiqih yang tidak selesai karena banyak gangguan. Tadi malam aku di tidur di rumahmu bisa menyelesaikan semuanya itu, barakalloh”. Mendengar itu, Sayid Abdullah kaget bukan kepalang dan berkata : “Masya Alloh, beliau tidur tapi bisa berfikir dan menulis banyak ilmu. Sedangkan aku wiridan dan sholat malam tidak bisa melakukannya. Inilah pasti yang dimaksud Nabi SAW dalam sabdanya :

نوم العالم خير من عبادة الجاهل

Semoga kisah ini menjadi teladan bagi kita, dan semoga Alloh menjadikan kita sebagi murid- murid pengikut Imam Syafii dan Imam Ahmad. Amien. (MD Royyan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here