Rumah Warga Terendam Banjir, Takmir Masjid Langenharjo Dirikan Dapur ‎Umum

0
153

Kendal, pcnukendal.com – Banjir yang menggenangi kota Kendal sejak Jumat (5/2) meluas hingga kawasan perumahaan RSS Langenharjo, Kendal. Warga sekitar Masjid setempat harus mencari tempat yang tidak tergenang air untuk melaksanakan Salat Jumat.

“Jamaah salat Jumat biasanya sampai luar masjid karena harus menjaga jarak dan menaati Prokes. Namun, karena ada genangan air di sekitar masjid, jamaah harus mencari tempat yang kering dan bersih,” tutur Humas Masjid Baitun Nikmah Langenharjo, Ratno.

Sementara selaku Ketua Takmir Masjid Baitun Nikmah, Moh. Muzakka berpikir cepat melakukan koordinasi penanggulangan dan penanganan banjir yang semakin tinggi dan meluber hingga ke beberapa blok perumahan.

“Dari Bidang ZIS mengusulkan untuk mendirikan dapur umum di Gedung TPQ depan Masjid Baitun Nikmah, dari bidang Humas juga gerak cepat dengan menghubungi BPBD Kendal untuk meminta bantuan perahu karet guna pendistribusian makanan dan logistik,” terangnya.

Hal itu ditindak lanjuti koordinator penanggulangan banjir di lingkungan Masjid Baitun Nikmah, Nawali dengan menggerakkan relawan dari warga untuk membantu mendirikan dapur umum, mengumpulkan logistik makanan, dan bantuan berupa uang ataupun barang.

“Kami siapkan kurang lebih 5.000 nasi bungkus untuk 3 kali dalam sehari. Pendistribusian berjalan sejak Sabtu pagi dan alhamdulillah bantuan mulai berdatangan dan terus mengalir,” tutur Nawali.

Nawali menyebutkan beberapa bantuan yang datang diantaranya perahu karet dan tenaga relawan dari BPBD, PMI, TNI, dan Polri. Sejumlah anggota GP Ansor dan Banser juga berbondong-bondong memberikan bantuan tenaga maupun barang. Adapun Lazisnu Langenharjo juga ikut membantu memberikan bantuan berupa sembako.

Dinas Sosial juga turun tangan melakukan penyedotan dan pengalihan jalur air di saluran irigasi untuk mengurangi dampak banjir. Pada Sabtu (7/2) ketinggian air mencapai 30-75 cm. Dengan bantuan Dinsos, pada hari Minggu ketinggian dapat berkurang. Warga berharap banjir segera surut agar tidak menimbulkan dampak yang lebih buruk.  Warga juga masih membutuhkan bantuan tenaga relawan dan makanan. (Arif/Muf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here