Siswa MTs. NU 20 Kangkung Jalani Tes Psikologi

0
146

kpsi1

Kangkung nukendal.id. MTs. NU 20 Kangkung bekerjasama dengan Lembaga Konsultasi Psiko-Paedagogi Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia Propinsi Jawa Tengah (ABKIN Jateng) menyelenggarakan tes psikologi bagi para siswa di ruang kelas masing-masing pada hari Kamis (29/09).

Tes ini dimaksudkan untuk mengetahui potensi dasar yang dimiliki siswa dalam kegiatan Bimbingan dan Konseling. Seluruh siswa tampak serius mengerjakan soal yang diberikan oleh tim pengajar dari ABKIN Jateng.

kpsi2

Menurut kepala madrasah, Drs. Khofidin, bahwa tes psikologi di madrasahnya diadakan setiap 3 tahun sekali. Tes ini mencakup antara lain aspek kemampuan dasar, kepribadian, guna mengembangkan prestasi belajar dengan cara memaksimalkan potensi yang ada. Selain itu tes psikologi ini juga dapat dijadikan acuan dalam menyiapkan pada jenjang yang lebih tinggi, tentunya dengan melihat kemampuan dan kebutuhan siswa.

Drs. Tri Leksono Ph, S.Kom, M.Pd, Kons, selaku fasilitator dalam tes psikologi itu mengatakan hakikatnya tes psikologi ini merupakan salah satu pendukung yang terdiri dari tes intelegensi, bakat, minat jabatan seseorang sehinggat diharapkan dapat dijadikan prediksi karir atau vokasi dari seseorang.

“Hasil dari tes ini dapat diketahui dan akan dibagikan kepada semua siswa sekitar satu bulan kemudian,” pungkasnya mengahiri kegiatan. (Mufty/Fahroji).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here