Sisi Lain Rakor Lazisnu Kendal, Gedung MWC NU Sukorejo Representatif Untuk Diklat

0
98

Sukorejo, pcnukendal.com – Kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Lazisnu Kabupaten Kendal, Jumat (24/7) lalu, merupakan kegiatan perdana untuk tingkat cabang yang digelar di gedung MWC NU Sukorejo. Karena baru pertama, tentu menjadi semacam ajang uji coba sehingga ke depan masih diperlukan pembenahan serta inovasi. Sesungguhnya Gedung MWC NU Sukorejo memiliki potensi besar untuk difungsikan sebagai balai diklat atau workshop Aswaja dan diklat-diklat lainnya.

Berada di ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut (mdpl) menjadikan Gedung MWC NU Sukorejo Kendal berhawa sejuk, tidak panas seperti di Pantura, meskipun juga tidak sedingin daerah Bandungan Kabupaten Semarang. Hawa sejuk ini sangat cocok untuk kegiatan belajar maupun pendidikan dan pelatihan (Diklat), workshop dan sebagainya. Operasional gedung juga tidak membengkak, karena pada ketinggian tersebut relative tidak membutuhkan air conditioner (AC).

Letaknya di tepi jalan raya Plantungan dan dekat dengan pusat kota, Bunderan Sukorejo, menjadikan gedung MWC NU Sukorejo sangat strategis jika dituju dari berbagai arah. Hal ini sebagaimana yang diungkapkan ketua Lazisnu Kendal Khusnul Huda bahwa gedung MWC NU Sukorejo memiliki letak strategis dan dimasa mendatang mempunyai prospek sebagai gedung dakwah Aswaja Annahdliyah yang dapat menyemai benih-benih kader Aswaja Annahdliyah sekaligus membentengi dari paham radikal.

Menurut Kang Huda, demikian akrab disapa, meskipun gedung yang ada baru bagian depan namun halaman belakang masih sangat luas sehingga ke depan Gedung MWC NU Sukorejo sangat strategis dan representatif untuk menggelar berbagai event kegiatan.

Sebagai ketua PC Lazisnu Kendal, ia berharap perubahan struktur organisasi Lazisnu yang dilakukan MWC NU Sukorejo akan menjadi semangat baru bagi Lazisnu Sukorejo dan segera melakukan konsolidasi organisasi Lazisnu di tingkat ranting sehingga bisa mengejar kecamatan sekitarnya seperti Plantungan dan Pageruyung. Lebih jauh Huda berharap keberadaan Lazisnu Sukorejo bisa mem-back up penbangunan Gedung MWC NU Sukorejo.

“Jika Lazisnu Sukorejo sudah jalan, saya berharap bisa mem-back up pembangunan Gedung MWC NU Sukorejo,” pintanya.

Komentar senada juga diberikan oleh Ahmad Nur Abidin. Menurut lelaki asli Botomulyo Cepiring ini, bangunan yang ada sudah cukup representatif untuk berkegiatan.

“Saya kira Gedung MWC NU Sukorejo berpotensi untuk berkembang dan bisa menjadi sarana pengembangan Aswaja,” tegas anak muda yang akrab disapa “Obed”.

Melihat lahan yang masih luas, Obed berharap bisa dimanfaaatkan untuk kegiatan produktif semisal pertokoan atau perdagangan sehingga suatu saat bisa menghasilkan keuntungan yang dapat digunakan membiayai operasional organisasi NU khususnya di Sukorejo.

Komentar pembangunan Gedung MWC NU Sukorejo juga disampaikan oleh Ahmad Kholil, Ketua Lazisnu Plantungan. Menurut Kholil penataan Gedung MWC NU Sukorejo sudah tepat dan bagus.

“Dengan penataan letak seperti itu saya yakin Gedung MWC NU Sukorejo kedepannya pasti lebih nyaman untuk kegiatan NU dan Banomnya,” ungkap Kholil yang juga mantan ketua PAC GP Ansor Plantungan.

Lingkungan Mendukung

Meskipun bangunan yang bisa dimanfaatkan baru Aula yang ada dilantai 2 dengan luas 17 x 10 meter, didukung tempat wudu, 2 toilet dan 1 kamar mandi, kedepan Gedung MWC NU Sukorejo akan dilengkapi dengan dapur yang terletak dipojok timur, kemudian sebelah depan tempat wudu dan toilet akan dibangun kantor administrasi bersama MWC NU, Banom dan lembaga, serta ruang transit dan kamar penjaga. Seiring dengan itu, akan diupayakan pemanfaatan lantai 1 yang diproyeksikan untuk pertokoan. Sedangkan halaman belakang yang luas masih difungsikan untuk parkir dan pengajian umum.

Namun demikian, jika digunakan untuk menggelar hajatan besar yang harus menginap seperti Konfercab, Latihan Kader dan seterusnya tidak usah kuatir, karena gedung MWC NU Sukorejo dikelilingi beberapa bangunan seperti masjid Kebumen yang berada 50 meter di sebelah barat dan Ponpes Munawir. (Fahroji)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here