Silat Pagar Nusa akan diwajibkan, Maarif NU Kendal selenggarakan Diklat untuk Guru

0
443

Kendal, pcnukendal.id – Sebanyak 80 guru olahraga dari MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA di lingkungan maarif Kendal mengikuti diklat pencak silat pagar nusa. Kegiatan ini akan  berlangsung senin-rabu, 12-14 Desember 2016 bertempat di SMK NU 01 Kendal.

Tepat jam 9 upacara pembukaan diklat dimulai. Tampak hadir ketua PCNU, ketua PC Maarif, para kepala Sekolah/madrasah NU, ketua PC Fatayat dan peserta diklat.


H. Ibnu Darmawan selaku ketua PC LP Maarif Kendal dalam sambutannya menyatakan bahwa maarif adalah dapur perkaderan NU yang fokus menggarap karakter peserta didik, salah satunya melalui ekstra silat pagar nusa. “mulai tahun pelajaran 2017/2018, semua Sekolah dan madrasah NU wajib menyelenggarakan ekstra silat pagar nusa” demikian ditambahkn pak Ibnu yang juga merupakan pengawas Dinas pendidikan Kendal.

 

Sementara itu Ketua Tanfidziyah PCNU Kendal KH. M. Danial Royyan mendukung langkah PC LP Maarif yang akan mewajibkan silat pagar nusa di Sekolah dan Madrasah NU. Hal ini menurutnya sebagai bagian menumbuhkan ruhul jihad atau semangat berjuang bagi kader-kader muda NU.

Diklat ini terselenggara atas kerjasama PC LP Maarif Kendal dan PW Pagar Nusa Jawa Tengah. Ketua PC pagar Nusa kab Kendal Masrur menyatakan kesanggupannya untuk mendukung program maarif. Pihaknya telah menyiapkan Tim pelatih dan segera akan melengkapi kepengurusan ditingkat kecamatan.

Ketua panitia diklat Moh Izzudin, menyampaikan terima kasih kepada Sekolah/madrasah yg sdh mengirimkan peserta diklat, juga kepada para pengisi acara pembukaan dari MTs NU 09 Patebon, MA NU Cepiring, SMA NU Muallimin Weleri dan SMK NU 01 Kendal. Upacara pembukaan tambah meriah saat ditampilkan beberapa jurus dari beberapa padepokan silat pagar nusa di Kendal. (Drs. Wahidi Yusuf MPd)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here