SIKAP MENDUA : POLITIK DUA MUKA, DUA MULUT DAN DUA KAKI

0
138

Sikap yang dibuat-buat secara lahir dan bertentangan dengan sikap sebenarnya yang disimpan di batin itu dinamai “Nifaq”, pelakunya dinamai “Munafiq”. Sikap nifaq itu sikap mendua. Mendua itu kebalikan dari menyatu. Sikap menyatu itu mencerminkan kejujuran, kebersamaan dan persatuan. Sedangkan sikap mendua mencerminkan kebohongan, perselingkuhan dan perpecahan. Sikap seperti di dalam politik dinamai politik mendua, yang kadang disebut politik dua muka, kadang disebut politik dua mulut dan kadang pula disebut politik dua kaki.

I. DUA MUKA
Sikap dua muka menandakan nifaq. Biasanya orang yang memiliki sikap seperti itu sering mencari muka di depan orang berpengaruh. Dia memiliki sifat riya’ dan sum’ah yang sudah melekat. Dia juga sudah kehilangan harga diri karena ketamakannya.

 

عن أبي هريرة رضي الله عنه أنه سمع رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: ان شر الناس ذو الوجهين الذي يأتي هؤلاء بوجه وهؤلاء بوجه .

Dari Abu Hurairah R.A. bahwa dia mendengar Rasululloh SAW bersabda : “Sesungguhnya sejahat-jahat manusia adalah orang yang bermuka dua, dia mendatangi satu kaum dengan satu muka, dan mendatangi kaum lain dengan muka yang satunya lagi”. Orang bermuka dua adalah orang yang bertopeng untuk mengecoh lawan bicara. Kadang di depan kita dia bermuka manis tapi di belakang menjelek-jelekkan kita.

II. DUA MULUT
Orang yang pembicaraannya tidak bisa dipercaya karena berubah-ubah sering disebut “Bermulut dua”. Dalam bahasa Jawa sering disebut “Esuk dhele sore tempe”. Dia berbicara tanpa berfikir, suka basa basi dan retorika. Orang seperti itu sungguh tercela.

روي عن أنس رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال من كان ذا لسانين جعل الله له يوم القيامة لسانين من نار

Diriwayatkan dari Anas R.A bahwa Rasululloh SAW bersabda : “Barangsiapa bermulut dua maka Alloh di Hari Kiamat menjadikan baginya dua mulut dari api”. Ada penyair berkata :

لا خير في ود امرىء متلـــون
حلو اللسان وقلبه يتلهـــــب

Tiada baiknya menyenangi orang yang berubah warna, manis mulutnya, hatinya menyala.

يلقاك يقسم أنه بك واثـــــق
وإذا توارى عنك فهو العقــرب

Jika bertemu denganmu dia bersumpah percaya kepadamu. Tapi di belakangmu dia adalah kalajengking.

III. DUA KAKI
Politik dua kaki adalah kiasan untuk menggambarkan fenomena yang terjadi dalam problematika kehidupan politik masyarakat yang sangat dipengaruhi oleh kepentingan-kepentingan pragmatisme sempit yang terkait dengan politik kekuasaan. Politik dua kaki adalah bagian dari strategi politik yg eksklusif, tertutup dan bermuatan kelicikan dalam mencari keuntungan dari siapapun pemenang dari banyak kompetitor.

Sebenarnya yang harus menjadi fokus perhatian adalah sejauh mana hak-hak politik rakyat terakomodasi secara adil. Sebab politik haruslah bermuara pada terlaksananya tata kelola pemerintahan dengan bersih dan baik (clean and clear). Tata kelola pemerintahan yang bersih dan baik yaitu yang dilandasi dengan kejujuran dan dapat menjamin terpenuhinya kebutuhan dasar rakyat secara adil dan bijaksana.

Ketiga model politik : dua muka, dua mulut dan dua kaki sangat tidak mendidik kepada masyarakat, sehingga pendidikan politik selalu gagal, karena perpolitikan sudah lepas dari moral dan etika. Semoga bermanfaat !! (MD Royyan).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here