Selamat Jalan KH Muslim Rahmadi, Ketua PD Muhammadiyah Kendal

0
59

Weleri, pcnukendal.com – Hari ini, Rabu (24/3) warga Muhammadiyah kehilangan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Kendal, KH Muslim Rahmadi. Tokoh penting Muhammadiyah Kendal kelahiran Klaten, 15 Juli 1951 ini wafat pukul 09.58 WIB di Rumah Sakit Islam Kendal.

Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kendal, KH Mohammad Danial Royyan berkesempatan memimpin salat jenazah di Masjid Ar Rahmah RSI, Desa Ngasinan Kecamatan Weleri bersama ratusan jamaah Muhammadiyah.

Selain Kiai Danial, Rais Syuriyah PC NU Kendal, KH Izzudin Abdussalam juga tampak hadir bersama sejumlah tokoh dari berbagai kalangan pada upacara pemakaman di rumah duka Dukuh Kedonsari, Desa Penyangkringan, Kecamatan Weleri. Kiai Izzuddin juga berkesempatan memimpin salat jenazah bersama Ansor Weleri di Tempat Pemakaman Umum Dukuh Kendayaan Penyangkringan.

Salat Jenazah juga dilakukan di Masjid An-Nur Muhammadiyah Weleri dipimpin oleh pengasuh Pondok Pesantren Darul Arqom Patean, KH Ishaq.

Menurut Wakil Ketua PD Muhammadiyah Kendal, Ustadz H. Ikhsan Iltizam sosok KH Muslim Rahmadi adalah pribadi yang cerdas meski tanpa gelar. Almarhum mampu berfikir untuk jangka panjang, fi maa ba’dal maut, selalu memikirkan apa yang akan disumbangkan setelah kematian.

“Pintu surga sebentar lagi ditutup, ayo buruan!,” ucap Ustadz H. Ikhsan menirukan ucapan almarhum yang menjadi pembukaan khas pada setiap dakwah. “Sampai saat ini belum pernah muncul sosok motivator seperti beliau,” sambungnya.

Semangat dan perjuangan almarhum juga dituturkan putra keduanya, Sani Arrahman. Semangat itu masih ia rasakan dan harus diteruskan. Dikatakannya, semangat almarhum dalam syiar begitu besar, tidak hanya sekali atau dua kali almarhum memberikan tausiyah dalam keadaan sakit namun tidak pernah mengeluh.

“Rasulullah SAW wafat, Presiden Soekarno wafat, KH Ahmad Dahlan wafat, KH Muslim juga kini telah wafat. Almarhum berpesan, Muhammadiyah masih kekurangan kader, apa saja mau digarap tapi tidak ada kader. Maka hari ini PR kita semakin besar untuk melanjutkan perjuangan almarhum,” tutur Sani.

Kehilangan juga dirasakan para kader Ansor dan Banser. Sekertaris PAC Ansor Weleri, Ali Nazilatul Furqon mamandang sosok KH Muslim sebagai tokoh yang mampu mengayomi dan selalu memberi semangat kepada kaum muda untuk selalu istiqamah dalam berjuang menegakkan Islam yang damai.

“Sosok kebapakan yang keras dalam pendidikan tapi lembut dalam pengajaran, sosok yang istiqamah dalam menegakkan kebenaran. Selamat jalan Mbah KH Muslim, semoga mendapat tempat yang baik di sisi Allah Swt,” ucap Ali.

Semasa hidupnya, KH Muslim Rahmadi pernah menjabat Ketua PDM Kendal selama empat periode, yakni 1985-1990, 2005-2010, 2010-2015, dan 2015 hingga sekarang. Ia juga pernah menjabat Wakil Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kendal, dan Wakil Ketua MUI Kendal. (Firdaus/Muf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here