Sejumlah Wilayah di Kendal Terendam Banjir, Ansor dan Banser Terjunkan ‎Personil ‎

0
197

Kendal, pcnukendal.com – Sejumlah wilayah di Kabupaten Kendal terendam banjir akibat tingginya curah hujan sejak Sabtu (6/2). Kondisi ini mendapatkan perhatian banyak pihak termasuk Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) di sejumlah wilayah yang terdampak, yakni Kecamatan Rowosari, Weleri, Brangsong, Kaliwungu, Patebon, dan Kota Kendal.

Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor dan Satuan Koordinasi‎ Rayon (Satkoryon) Banser membuka Posko bantuan untuk warga di daerah yang terdampak. Sejumlah aksi sosial juga dilakukan, diantaranya membagikan sembako dan makanan, menambal tanggul sungai yang bocor, membantu evakuasi pengungsi dan kegiatan kemanusiaan lainnya.

Di Desa Bulak Kecamatan Rowosari misalnya, Ansor dan Banser ikut mendistribusikan bantuan sembako dan makanan bekerjasama dengan Pemerintah Desa dan masyarakat setempat.

Ketua PAC GP Ansor Rowosari, Abdul Aziz mengatakan bantuan tersebut berasal dari Pemerintah Desa dan BPBD. “Untuk mempercepat pendistribusian, Ansor dan Banser berinsiatif ikut membantu penyampaian bantuan kepada warga,” katanya.

Sementara di Kecamatan Weleri, Ansor dan Banser mendirikan Posko di Desa Karangdowo. Ansor dan Banser juga membagikan 4000 nasi bungkus kepada warga yang terkena banjir.

Ketua PAC GP Ansor Weleri, Fajar Aristya mengatakan hal itu dilakukan mengingat makanan merupakan kebutuhan mendesak dan sangat dibutuhkan warga. “Sebenarnya warga sudah mempunyai stok makanan di rumah mengantisipasi tutupnya pasar karena program 2 Hari di Rumah Saja yang digagas Gubernur. Namun banjir menyebabkan warga susah untuk memasak,” kata Ketua PAC GP Ansor Weleri.

Kegiatan serupa juga dilakukan PAC GP Ansor dan Satkoryon Banser Kecamatan Patebon tepatnya di Desa Wonosari dan Purwokerto. Selain membantu evakuasi korban banjir, Ansor dan Banser juga bergotong royong bersama TNI, Polri dan warga menambal tanggul sungai Bodri.

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Kendal, Misbahul Munir bersama Kasatkorcab Banser Kendal, Alex Nur Abyadl melakukan monitoring di beberapa titik Posko yang didirikan Ansor dan Banser.

Ketua PC GP Ansor Kendal mengapresiasi seluruh kegiatan tanggap bencana yang dilakukan Ansor dan Banser. “Ini dilakukan sebagai bentuk rasa empati kader Ansor dan Banser kepada masyarakat. Kami bekerjasama dengan Banom NU dan pihak terkait dalam membantu warga yang terkena musibah,” ucap Gus Misbah.

Hal serupa disampaikan Kasatkorcab Banser Kendal, Alex Nur Abyadl. Menurutnya, kondisi cuaca pada musim penghujan sekarang ini perlu mendapat perhatian serius dari semua elemen masyarakat dan Pemerintah Daerah. Semuanya harus bahu membahu mengantisipasi dan mengatasi banjir.

“Kami sudah menyiapkan personil untuk melakukan giat tanggap bencana bersama Kodim 0715 Kendal, Polres Kendal, BNPB, BPBD, PMI dan lainnya,” ujar Kasatkorcab Banser Kendal. (Firdaus/Muf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here