Sedekah Laut, Pesta Rakyat Gempolsewu

0
520

tawang1
Rowosari pcnikendal.id Sedekah laut yang merupakan  tradisi rutin tahunan masyarakat nelayan Gempolsewu Rowosari Jumat, (7/10) kembali digelar.

Jajaran Muspida Kabupaten yang dipimpin Bupati Kendal  dr. Mirna Annisa, Muspika Kecamtan Rowosari, Pemerintahan Desa Gempolsewu dan warga masyarakat nelayan terlihat hadir dalam upacara pelepasan larungan yang merupakan puncak acara pesta laut/sedekah laut masyarakat nelayan Desa Gempolsewu Kec. Rowosari. 

tawang6tawang2

Kegiatan yang  diselenggarakan tiap tahun ini banyak menyedot pengunjung untuk menyaksikan rangkaian hiburan yang diselenggarakan oleh panitia, diantaranya  pertandingan sepak bola persahabatan antar club, karnaval seni budaya lokal, pengajian umum dan istighotsah, pagelaran seni ketoprak, wayang kulit, wayang golek, lomba dayung perahu tradisional, pemutaran film, dan juga stand-stand pasar malam yang sudah sepekan lalu mulai dibuka.

tawang4tawang5

Kunjungan masyarakat tidak hanya dari wilayah kecamatan Rowosari saja tapi dari wilayah kecamatan lain bahkan ada yang dari luar kabupaten. Antusias pengunjung semakin meningkat menjelang sore sampai malam hari.
Sebuah perayaan budaya kearifan lokal yang merupakan wujud rasa syukur masyarakat nelayan Tawang Gempolsewu dan sekitarnya kepada Allah SWT ini  perlu dijaga.
tawang3
Keberlangsungannya dengan sentuhan-sentuhan relegius agar masyarakat nelayan tidak terjebak pada tradisi-tradisi yang bersifat syirik.

Rasmadi selaku ketua panitia dalam kegiatan ini menyampaikan rasa syukur bahwa rangkaian kegiatan pesta laut yang didanai secara swadaya oleh masyarakat nelayan dan juga bantuan dari berbagai pihak ini bisa berjalan dengan lancar tertib dan sukses. (Teguh Waluyo).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here