Santri Cikal Bakal TNI

0
165

Brangsong pcnukendal.id Lahir dan terbentuknya TNI tidak lepas dari santri karena santri adalah cikal bakal TNI. Sebelum TNI lahir yang ada adalah laskar Hisbulloh dan Sabilillah yang beranggotakan para santri.

Dengan demikian santri adalah cikal bakal TNI yang telah mengalami perubahan nama beberapa kali dalam perjalanan sejarahnya.

Demikian  disampaikan  KH. Abu Jamsari ketua MWC NU Brangsong dalam kegiatan rutin selapanan  MWC NU Brangsong Jum’at Wage (21/10)  bertempat di pondok pesantren putri Sabilunnajjah desa Penjalin Brangsong.

Lebih jauh ia juga mengingatkan tentang pentingnya hubbul waton minal iman karena hal itu merupakan bagian dari jihad yang tertuang dalam piagam resolusi jihad.  

Dalam kesempatan tersebut dihadiri pula tokoh dan pimpinan pondok pesantren  KH. Muthoha yang menyampaikan fatwa untuk selalu bersatu dan  berjuang dengan “ngopeni” NU tanpa pamrih.

Pada bagian lain disampaikan juga laporan bahwa MWC NU Brangsong telah menyetorkan sumbangan dana RSNU sebesar 64 juta ke panitia hasil iuran ranting Rp. 200.000. Acara yang dikemas dalam mujahadah tersebut diakhiri doa oleh KH. Nasirudin. (Umar/Fahroji).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here