Rutinan PAC Fatayat NU Patebon Diisi Kajian Fiqih Nisa

0
91

Patebon, pcnukendal.com  Pimpinan Anak Cabang Fatayat NU Patebon kembali melaksanakan rutinan pada Minggu (27/10) bertempat di Pimpinan Ranting Tambakrejo.

Pertemuan diisi dengan Kajian Fiqih Nisa dengan menghadirkan Lutfiyah, dosen UIN Walisongo sebagi narasumber. Dalam pemaparannya Lutfiyah menerangkan tentang permasalahan fiqih nisa atau fiqih untuk wanita yang lebih fokus pada pembahasan darah wanita, karena masih banyak wanita yang belum memahaminya.

“Dari berbagai darah yang dikeluarkan kaum wanita masih perlu ketelitian dalam memahami siklus haid, sehingga bisa membedakan mana haid mana istihadhoh,” terangnya.

Ditambahkannya, bahwa penggunaan alat kontrasepsi akan sedikit banyak berpengaruh pada pola siklus haid wanita. Ia menekankan agar setiap wanita dapat mencatat sendiri secara rinci siklus dan kadar kekuatan warna darah yang keluar.

Menurut Lutfiyah, kajian fiqih nisa yang ia sampaikan bersumber dari beberapa kitab kuning yang relevan. Ia juga mengambil buku Fiqih Nisa karya Kiai Adib (PR NU Kebonharjo II) sebagai referensi. (Siti Mushodiqoh/Muf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here