RMI KENDAL ADAKAN HALAQAH KEBANGSAAN

0
170

rmi-halaqoh

Kendal pcnukendal.id Rabithah Ma’had Islam (RMI) PCNU Kendal pada Jum’at (21/10) mengadakan seminar bertajuk Halaqah Kebangsaan. Acara yang diadakan di Pendopo Kendal itu mengusung tema “Merajut Kebhinekaan dan Kedaulatan Indonesia”. Seminar itu diadakan selain untuk memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada Sabtu, 22 Oktober, juga bertujuan agar para santri mampu menyisir cakrawala yang ada di luar komunitas keilmuan para santri.

Puluhan santri perwakilan dari Pondok Pesantren se-kabupaten Kendal menghadiri acara tersebut. Dalam kesempatan seminar itu, hadir 3 pembicara, Mudjahirin Thohir, Guru Besar UNDIP Semarang, Mujib Rohmat, anggota DPR dari Partai Golkar, dan Moh. Danial Rouyan, ketua Tanfidhiyah PCNU Kendal.

Mudjahirin mengupas tentang peran santri terhadap negeri dilihat dari tinjauan antropologis. Menurutnya, santri harus mampu mengikuti perubahan zaman.

“Karena di dunia yang fana ini yang kekal hanyalah perubahan,” tutur Muhadjirin.

Adapun Mujib menjelaskan bahwa beliau santri sekarang harus mengkuti pola maupun pemikiran santri zaman sebelum kemerdekaan. Ia mencontohkan K.H. Abdul Wahid Hasyim yang ikut merumuskan Pancasila dan UUD 45.

Sedangkan Danial menyentuh isu takfiri yang akhir-akhir ini cukup marak. Menurutnya, santri harus mampu menangkal ideologi yang mudah mengklaim orang lain kafir. Untuk melakukan hal itu, santri harus mampu menulis lalu mempublikasikan tulisannya di internet.

“Santri harus mampu menulis di internet, karena selama ini internet menjadi media utama dalam menyebarkan ideologi keras tersebut,” papar Danial. (Mahrus Alie/Zubair).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here