Resik-resik Kali, Wujud Kepedulian Ansor Kangkung pada Lingkungan

0
57

Kangkung, pcnukendal.com – Sebagai wujud kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Kangkung bersama personil dari Polri dan TNI beserta relawan lainnya menggelar kerja bhakti membersihkan sungai.

Menurut Muhaimin, koordinator kegiatan, “Resik-resik Kali, Ansor Peduli Lingkungan” diadakan PAC Ansor Kangkung bekerjasama dengan Balai Pengelolaan Sumderdaya Air (PUSDA) Bodri Kuto. Selain itu, didukung oleh Forkompincam dan jajaran pemerintah desa di Kecamatan Kangkung, relawan dari CBP dan KPP IPNU, LazisNU, dan komunitas peduli lingkungan Forekelik Kendal.

“Kalau sungai bersih, irigasi jadi lancar, enak dipandang mata. Sungai yang bersih itu juga cermin dari masyarakat yang sehat,” imbuh M Yusuf, sekretaris kegiatan.

Dari pantauan di lokasi, tim bergerak mulai dari Desa Kadilangu, Gebanganom Wetan, Laban, Kangkung dan berakhir di Karangmalang. Aneka sampah yang dipunguti dari sungai dikumpulkan di beberapa titik. Sampah tidak dibakar untuk menghindari polusi udara mengingat sungai berada di tepi jalan dan perkampungan warga.

Sebagai informasi, sungai yang berfungsi sebagai irigasi ke beberapa persawahan di Kecamatan Kangkung itu sudah beberapa bulan ini tidak dialiri air.

“Sampah yang sudah dikumpulkan selanjutnya akan kami angkut ke TPS. Sebentar lagi kami akan adakan normalisasi dengan pengerukan, sehingga saat musim penghujan nanti, sungai bisa mengalir lancar,” ungkap Sunaryo, perwakilan dari PUSDA TARU Bodri Kuto.

Camat Kangkung, Ardhi Prasetyo, mengapresiasi kegiatan yang dimotori GP Ansor di wilayahnya. Dikatakannya, kepedulian terhadap lingkungan perlu ditanamkan di masyarakat sebagai langkah pencegahan dari kerusakan dan bencana.

“Pemerintah saat ini sedang memperbaiki senderan sungai irigasi yang sangat vital untuk masyarakat Kangkung yang sebagian besar hidup dari pertanian. Mari kita jaga kebersihannya dengan tidak membuang sampah ke sungai,” terang Ardhi saat memimpin apel kegiatan.

Moh Romadhon, Ketua PAC Ansor Kangkung selaku penanggungjawab kegiatan, menyampaikan terima kasih kepada para pihak yang telah mendukung kegiatan. Dikatakannya, kegiatan dengan misi lingkungan dan sosial ini bukan baru kali pertama dilakukan pihaknya.

“Kami punya agenda rutin bersih-bersih pantai di Jungsemi, dan juga kegiatan sosial lain yang sekiranya diperlukan di masyarakat,” terang Romadhon, yang juga perangkat desa Sukodadi.

Sementara itu, terpisah Ketua PC Ansor Kendal, Muhammad Ulil Amri menerangkan kegiatan serupa juga dilakukan pengurus dan kader Ansor di kecamatan lainnya. Selain giat peduli lingkungan, imbuhnya, kader Ansor dan Banser saat ini sedang bahu membahu bersama warga di Johorejo, Gemuh dan Kebondalem, Kota Kendal, untuk membantu korban kebakaran.

“Kader Ansor dan Banser itu bukan hanya milik organisasi saja, tapi juga punya tanggungjawab sosial. Sekecil apapun yang kami kerjakan, semoga bisa memberi manfaat untuk masyarakat sekitar,” tegas Ulil. (Sulhanudin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here