Rendah Hati

0
99
Oleh: Abdul Basith

Adakalanya kita menempatkan diri pada posisi yang rendah. Kerendahan itu bukan untuk mendapat belas kasihan, tetapi untuk lebih dekat  dalam memahami makna  empati hidup ini. Dengan kerendahan diri diharapkan dapat membuka semangat saling mendoakan sekaligus membangun emosi kedekatan antar sesama.

Kerendahan hati juga akan membuka sejuta pintu ilmu dan amal, sekaligus akan menutup sifat merasa paling pintar dan paling benar. Kritik dan saran akan  menjadi pelecut diri untuk menuju hari esok yang lebih baik.

Kerendahan hati, juga dapat menghadirkan sikap pemaaf seluas tujuh samudra. Tak hanya itu, segala wujud iri, dengki, benci dapat terdegradasi dengan hadirnya kerendahan diri.

Semangat kerendahan hati juga dapat menghapus sekat-sekat pergaulan yang selama ini membentang dalam cakrawala pertemanan. Sikap rendah hati dapat menjadi distroyer bongkahan kesombongan yang bersemayam dalam hati sebagian para pemangku kepentingan. Kesombongan karena jabatan, pangkat merupakan virus ke-aku-an yang menyebabkan tenggelamnya hubungan kekeluargaan.

Kerendahan hati  dapat pula menjadi pengendali diri dalam memburu  pujian, menjadikan dirimu dalam posisi menang tanpa membuat wirang teman. Dengan kerendahan hati tidak akan mengurangi rasa hormat kepada sesama, justru dengan kerendahan hati dirimu tetap terhormat dan memikat  tanpa membuat teman menjadi sekarat.

Kerendahan hati menjadikanmu mau mendengar setiap keluhan. Tidak ada justifikasi mempersalahkan apalagi mengkambinghitamkan. Semua disikapi dengan sayang, dengan untaian kata kata yang menyejukkan.

Kerendahan hati bukan perkara mudah bagi orang-orang dalam lingkaran kewenangan. Satu kata bak mutiara yang harus dijaga guna membangun jiwa perkasa dengan mitra kerja. Dirimu bukan diriku, diriku juga bukan dirimu. Jangan kau ukur diriku, seperti dirimu, karena diriku adalah aku. Kerendahan hati bukan solusi bagi orang yang ingin dipuji, melainkan obsesi yang akan menjadi jawaban.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here