RELAWAN LAZISNU

0
151

Dalam berorganisasi dibutuhkan kader kader yang tangguh, militan, loyal dan memiliki jiwa korsa yang tinggi. Pertanyaan dasar adalah bagaimana mencetak kader yang handal dan tanggap semacam itu.?

Dalam dunia relawan one day volunteer juga diperlukan untuk mensukseskan suatu kegiatan. One day volunteer biasanya menghilang pada saat setelah selesai kegiatan, entah apa alasannya yang ngerti hanya dia dan Tuhannya.

Dalam kegiatan tanggap bencana yang baru saja terjadi di dusun Kenjuran lereng Utara gunung Prau, antusias NU untuk membantu sungguh sangat besar baik itu berupa bantuan logistik atau tenaga. Di sini diperlukan satu kecakapan mengenai manajemen bencana, supaya pada saat tiba di lokasi tidak bingung apa yang harus dilakukan atau tidak menumpuk bantuan berupa barang ataupun logistik.

Asesor yang cerdas akan lari pertama kali menuju tempat kejadian lalu menghimpun data korban, kebutuhan pengungsi atau peralatan yang dibutuhkan. Setelah data didapatkan dia akan kembali atau melaporkan hasil data yang diperoleh lalu penerima data mempersiapkan kebutuhan selanjutnya membawa pasukan dan peralatan ke lokasi bencana. Jangan lupa laporkan juga ke Dinas terkait yaitu BPBD setempat.

Kembali ke loyalitas yang cerdas diatas hanya bisa didapat dengan latihan, latihan dan latihan serta menjalin komunikasi yang intens antar anggotanya.
Selamat berlatih sahabat baganaku, tugas berat menantimu.
Selamat menjalin hubungan dan bermitra dengan Lazisnu. Karena Lazisnu adalah Lembaga dana umat untuk kegiatan sosial kemasyarakatan. (Ahmad Alzahir/oji)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here