Realisasikan Program, Upzisnu Sukodono‎ Bedah Rumah Warga Tak Mampu

0
494

Kendal, pcnukendal.com – Meski masih dalam masa pandemi, Unit Pengumpul Zakat, Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (Upzisnu) Kelurahan Sukodono, Kecamatan Kendal tak berhenti dalam berkhidmat dan memberikan manfaat untuk umat. Berbagai program mulai dari bagi-bagi sembako kepada para duafa hingga program bedah rumah warga tak mampu direalisasikan oleh Upzisnu yang baru berdiri 3 bulan lalu itu.

Salah satu keluarga yang menjadi sasaran program bedah rumah adalah Faizatun, warga RT 05 RW 02 Kelurahan Sukodono yang kondisi rumahnya sangat memprihatinkan dan tak layak huni. Dinding dan atapnya yang sudah lapuk membuat rumah itu tampak miring dan hampir roboh.

Faizatun mengaku tak mampu memperbaiki rumahnya karena semenjak suaminya tiada ia harus menanggung hidup dan biaya 2 anaknya yang masih belajar di pesantren seorang diri.

“Untuk kebutuhan sehari-hari saja cukup, kalau untuk memperbaiki rumah ya tidak mampu,” katanya kepada NU Kendal Online, Minggu (10/1).

Menurut Sekretaris Upzisnu Ranting ‎Sukodono, Sugiyanto, pihaknya telah mengupayakan bantuan bedah rumah itu dengan penggalangan dana dari masyarakat melalui Upzisnu dan Banom NU.

“Sebagian diambilkan dari ‎hasil kaleng sedekah, donasi dari Lazisnu Kecamatan Kendal dan donasi masyarakat sekitar, alhamdulillah dalam kurun waktu seminggu ‎terkumpul dana kurang lebih 9.510.000 rupiah,” terangnya.

Dari dana tersebut, lanjut Sugiyanto, secara keseluruhan dibelikan material‎. Kemudian tim Upzisnu dan warga sekitar bergotong royong merenovasi rumah Faizatun.

Sementara Ketua Upzisnu Ranting Sukodono, Saifuddin menjelaskan hal itu telah menjadi tekad pengurus Upzisnu Sukodono untuk mengangkat dan memasyarakatkan Lazisnu di ‎wilayahnya. Ia berharap seluruh warga tergugah ‎hatinya untuk menyalurkan zakat, infaq dan sedekahnya melalui Upzisnu.

“Tidak perlu khawatir karena semua ‎dana yang masuk akan kami salurkan tanpa tersisa. Pihak ‎pengurus tidak akan mengambil sedikitpun dari harta yang di‎titipkan. Seluruh pemasukan dan pengeluaran akan kami laporkan secara ‎transparan ke publik sehingga semua bisa mengetahui dengan sejelas-‎jelasnya,”‎ beber Saifuddin.

Terpisah, ‎Divisi Pentasarufan Lazisnu Kecamatan Kendal, Sugiyono, menanggapi ‎positif program yang dilaksanakan Upzisnu Sukodono. Sembari ‎menyerahkan tambahan donasi dari Lazisnu Kecamatan Kendal, ia ‎menjelaskan bahwa program semacam itu harus ditingkatkan terlebih di Kelurahan Sukodono.

‎“Agar masyarakat tergugah untuk ‎berinfaq, sedekah dan menyalurkan zakatnya di Lazisnu. Kita semua berharap Upzisnu se-kecamatan Kendal bisa terus memberikan manfaat kepada sesama ‎dan berbagi tiada henti,”‎ harapnya. (Mashuri/Muf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here