Ranting NU Kadilangu Adakan Haul Sesepuh

0
371

Kangkung pcnukendal.id – Warga dusun Katek desa Kadilangu Kangkung mengadakan pengajian umum dalam rangka haul K.H. Ma’sum yang ke-75. Acara yang dilaksanakan pada Ahad (15/1) itu mendatangkan Kyai M. Khozin Qusyaeri dari Kebondalem Kendal sebagai pembicara.

Ratusan warga dari kalangan NU, Muslimat, Fatayat, Ansor, sampai IPNU-IPPNU memadati acara yang bertempat di serambi Masjid Al-Muttaqin itu. Mereka sesekali tertawa ketika mendengar tausiyah yang disampaikan Kyai nyentrik berusia 34 tahun itu.

Kyai Khozin dalam tausiyahnya meminta agar umat Islam jangan sampai berhenti dalam mencari ilmu. Itu karena ahli ilmu yang ahli ibadah lebih tinggi derajatnya yang ahli ilmu saja.

Beliau lalu memberikan contoh yang dibungkus dengan cerita. Adalah Sugimin, orang yang selalu sholat berjamaah. Tapi beliau agak sungkan ngaji. Suatu ketika Kyai di kampung tempat Sugumin tinggal sedang sakit. Sugimin yang kebetulan berusia paling tua didaulat menjadi imam. Meskipun awalnya enggan, ia akhirnya mengiakannya.

Rokaat pertama, jamaah berjalan lancar. Tapi pada rokaat kedua, setelah pembacaan surat Al-Fatihah selesai dan makmum membaca Amin, Sugimin tidak meneruskan bacaan. Setelah agak lama, makmum pun mulai gelisah dan sebagaian ada yang batuk-batuk. Tiba-tiba Sugimin menoleh ke belakang dan dengan bodohnya berkata,

“Kalau saya membaca Qulhu lagi boleh ndak? Soalnya saya bisaya Cuma Qulhu (Surat Al-Ikhlas.”

“Itulah cerita ahli ibadah tapi tidak diirinya cari ilmu. Kalau kita senang mengaji, kalua pun kita tak sengaja berbuat salah, insyaAllah akan dima’fu,”

Kyai Khozin juga bernasehat agar umat Islam selalu menjaga mulut. Hal itu Karena masalah kecil bisa jadi besar karena mulut, seperti kata pepatah Mulutmu Harimaumu. Keharmonisan hidup tercipta karena peran mulut. Keributan juga terjadi dengan mulut.

“Kita harus mengikuti sabda Rasulullah, berkatalah yang baik atau (kalua tidak bisa berkata baik) diam saja,” pesan Kyai Khozin. (Makhrus/Zubair)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here