Ponpes Al Hidayah Kendal Wisuda 44 Santri

0
107

Kendal, pcnukendal.com – Sebanyak 44 santriwati pondok pesantren Al Hidayah Kendal diwisuda, Minggu (04/04). Wisuda digelar di halaman pondok dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Wisuda yang kedua ini diisi dengan amalan Khotmil Qur’an sesuai prestasi yang dicapai para santri,” tutur pengasuh Ponpes Al Hidayah, KH Masruh.

Lebih lanjut, KH Masruh mengungkapkan, ia selalu berpesan kepada para santri untuk menyertakan kedua orang tua dalam setiap doa usai membaca Alquran. Harapannya hal itu akan menjadi suatu kebiasaan yang otomatis dilakukan setiap membaca Alquran.

“Insya Allah akan mengangkat derajat santri dan orang tua mereka,” harapnya.

Ia juga berpesan agar seluruh keluarga besar Ponpes rutin mendoakan Sang Pendiri Ponpes, Kiai Abdurrohman. Karena berkat jasanya Ponpes Al Hidayah dapat berdiri kokoh dan beradaptasi di tengah kebisingan kota.

“Para santri Ponpes Al Hidayah ini juga turut mewarnai aktifitas sosial masyarakat sekitar Kelurahan Pekauman dan Masjid Agung Kendal. Bukan hal yang mustahil suatu saat nanti kebiasaan baik para santri ini akan melekat dan secara otomatis ikut diamalkan oleh warga sekitar,” lanjutnya.

Keberadaan dan peran santri Ponpes Al Hidayah didukung pihak Takmir Masjid Agung Kendal. Mewakili Takmir Masjid Agung Kendal, K.H Moch. Ali Hasan bersyukur dengan perkembangan Ponpes Al Hidayah yang mulai mengalami modernisasi baik dari bangunan, sarana prasarana, kurikulum mengaji, sampai aktifitas sosialnya.

“Namun jangan lupa bahwa esensi dari pondok pesantren selain kualitas kiainya juga kualitas para santrinya yang kelak akan menjadi generasi penerus para kiai sepuh. Jangan sampai meninggalkan tradisi sistem mengaji dan menghafal yang sudah diajarkan oleh guru kalian. Insya Allah, barang siapa memuliakan Hafidz Qur’an maka Allah akan memuliakan orang tersebut,” pesan K.H Moch. Ali Hasan.

Acara dihadiri beberapa tokoh agama dan kelembagaan, diantaranya Ketua Takmir Masjid Agung Kendal K.H. Ma’mun Amin, Ketua Yayasan BP3MNU Al Hidayah Sunari Sofyan, MWC NU Kendal, RMI NU, LP Ma’arif, dan Lazisnu.

Acara Khotmil Qur’an berlangsung khidmat dan haru. Tampak raut bangga dan bahagia di wajah para wali santri. Salah satu wali santri asal Bandengan, Munir tampak berkaca-kaca menyaksikan kedua putrinya yang diwisuda di waktu yang sama.

Alhamdulillah, saya tidak bisa bicara apapun selain mengucapkan banyak Alhamdulillah 2 putri kami Nurus Saadah khatam 30 juz disusul adiknya Laili Maghfirotuz Zahro yang khatam juz amma. Mudah-mudahan keistiqomahan mereka dalam menghafal Alquran tetap terjaga sehingga dapat menjadi syafaat bagi keluarga,” ucap Munir. (Arif/Muf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here