Peserta BPUN ANSOR Bludak

0
65
31637
Kendal, NUKendal Online. Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Kendal, Ahad (10/4), menggelar tes seleksi peserta Bimbingan Pasca Ujian Nasional (BPUN) untuk menyaring para siswa kurang mampu yang akan masuk ke perguruan tinggi negeri. Kegiatan yang dilaksanakan di pendopo Kabupaten  Kendal ini merupakan kerja sama antara Yayasan Mata Air Foundation bersama GP Ansor Kendal.
Ketua GP Ansor Kendal Muhammad Ulil Amri, mengatakan, BPUN  merupakan program berkelanjutan yang dilaksanakan untuk mengantarkan siswa siswi ke jenjang perguruan tinggi favorit di Indonesia. Oleh karenanya  Alumni BPUN adalah generasi masa depan yang dipersiapkan oleh Ansor untuk Indonesia 20-30 tahun ke depan.
Sementara manajer BPUN, Rokhimudin yang juga wakil ketua PC GP Ansor Kendal, menjelaskan, para siswa yang masuk seleksi nantinya diwajibkan mondok selama satu bulan untuk diperkenalkan tradisi pesantren dan mendalami ilmu agama ala santri. Ini dimaksudkan bahwa BPUN bukan sebagai bimbingan belajar pada umumnya, tapi memiliki kekhususan yang istimewa. Jadi selain dibimbing secara akademik para siswa juga dididik agama secara intens melalui pesantren kilat (sanlat) dan diasramakan. “Menu tambahan lain adalah proses kaderisasi dimana peserta di perkenalkan sistem berorganisasi, dan kepeminpinan” , tegas Rohimudin
ATT_1460299162105_31636
Peserta Membludak
Kali ini peserta pendaftar program BPUN mencapai 302 peserta yang terdiri dari 33 SMA/SMK/MA negeri dan swasta di Kendal dan 9 SMA/SMK/MA dari luar kendal yakni kabupaten Batang dan Semarang dengan rincian 170 siswa Saintek, 132 Soshum. Jumlah itu dua kali lebih banyak dari peserta tahun sebelumnya. Karena membudaknya siswa yang mendaftar seleksi BPUN, pendaftaran yang sedianya ditutup pada tanggal 8 April akhirnya  harus ditutup lebih awal pada tanggal 30 Maret 2016. dari tahun ke tahun penyelenggaraan Bimbingan Pasca Ujian Nasional Ansor Kendal ini kelulusan peserta BPUN yang diterima di Perguruan Tinggi terus meningkat. ” ini menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap BPUN Ansor meningkat” tambah Rohimudin
Menurut rencana tahun ini BPUN Ansor hanya akan menerima 60 peserta. Sedangkan untuk tahun depan rencana akan menerima 120 peserta,  selanjutnya pada 23 April-25 Mei 2016 para peserta yang lolos akan mengikuti Bimbingan Belajar dan Pesantren Kilat di Ponpes Sunan Kalijogo Purwosari Patebon asuhan KH. Nur Salim. (Misbahul Munir/Saikul Huda/Fahroji)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here