Perpustakaan MTs. NU 01 dan MA NU 06 Cepiring Gelar Workshop Otomasi Perpustakaan

1
76

otomasi-perpust

Cepiring pcnukendal.id. Dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan yang jatuh pada Rabu (14/9) perpustakaan MTs NU 01 Cepiring dan MA NU 06 Cepiring menggelar acara Workshop Otomasi Perpustakaan. Workshop ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan di MTs NU 01 dan MA NU 06 Cepiring.

Workshop otomasi diikuti oleh Pustakawan SD/MI dan SMP di kecamatan Cepiring dan sekitarnya. Setiap peserta mendapatkan fasilitas gratis berupa booknotes, stiker, snack, materi pengelolaan perpustakaan secara otomasi dan software otomasi SLiMS.

Menurut Abdul Rochman, Pustakawan MTs NU 01 Cepiring bahwa Materi yang disampaikan kepada peserta adalah dasar instalasi SLiMS dan penggunaanya. SLiMS dipilih karena SLiMS adalah aplikasi manajemen otomasi perpustakaan yang pertama kali digunakan oleh Perpustakaan Kemendikbud. Software SLiMS merupakan karya anak bangsa yang telah mendunia.

“Penggunanya sudah ribuan baik di dalam negeri maupun manca negara. Software ini bisa dijalankan pada server lokal tanpa koneksi internet, juga bisa secara online” imbuh pegiat Komunitas SLiMS Jawa Tengah yang akrab dipanggil Maman.

“Saya bercita-cita nantinya perpustakaan di Kendal banyak yang terotomasi hingga dapat dibuat katalog induk bersama secara online yang dapat diakses dari mana pun” pungkas Maman yang juga Anggota Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia.

Pada rangkaian kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan ratusan stiker ajakan ke perpustakaan dibagikan kepada setiap pengunjung perpustakaan MTs NU 01 dan MA NU 06 Cepiring. “Bagi-bagi stiker ini untuk meningkatkann minat kunjung ke perpustakaan, termasuk kepada peserta workshop” ungkap Mudzakkiroh, Pustakawan MA NU 06 Cepiring. (A. Syaiful Anwar/Fahroji)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here