PEMBEBABASAN LAHAN UNTUK TOL

0
67

I. Warga Ringinarum bertanya :
Ass. Bolehkan pemerintah membebaskan lahan milik rakyat untuk jalan tol dengan cara memaksa. Di mana pemaksaan itu dilandasi undang undang? Terimakasih atas jawabannya !

II. Jawaban :
Fiqih Islam memperbolehkan pemerintah membeli  lahan milik warga secara paksa untuk pembebasan lahan tol. Hal itu bisa dilakukan, jika harga yang ditawarkan pemerintah sudah sesuai dengan harga pasar. Hanya saja pemilik lahan belum mau untuk melepaskan, dengan catatan pemerintah tidak merugikan warga pemilik lahan. Karena tol itu juga untuk kepentingan umum.
Di samping itu, karena keberadaan pembangunan jalan tol itu dibutuhkan untuk kemaslahatan umat, maka negara bisa memaksa untuk pembebasan lahan tersebut. Ini juga terkait dengan kewajiban warga untuk taat kepada pemimpin.

III. Dasar Pengambilan Dalil :

عن عبد الله بن عمر ، عن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : ” السمع والطاعة على المرء المسلم فيما أحب وكره ، ما لم يؤمر بمعصية ، فإذا أمر بمعصية فلا سمع ولا طاعة ” .

Dari Abdillah bin Umar, dari Rasulillah SAW bersabda : “Ketundukan dan ketaatan itu wajib atas orang muslim dalam hal yang dia suka atau tidak suka, selagi dia tidak diperintah melakukan maksiat, lalu apabila dia diperintah melakukan maksiat maka tidak ada ketundukan dan ketaatan”.

اذا تعارضت المصلحة العامة والمصلحة الخاصة ولم يمكن الجمع بينهما ترجح العامة على الخاصة

Apabila kemaslahatan (kepentingan) umum bertentangan dengan kemaslahatan khusus dan keduanya tidak mungkin digabungkan maka kemaslahatan umum dimenangkan atas kemaslahatan khusus (Qaidah Fiqhiyyah). (MD Royyan).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here