Pegiat Medsos Jangan Timbulkan Gejolak di Masyarakat

0
40

Kendal, pcnukendal.com – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kendal mengadakan kegiatan Diseminasi Informasi, Rabu (15/5) di Gedung Wanita Lt. 2 Setda Kabupaten Kendal.

Tercatat sebanyak 40 peserta yang didominasi kaum muda mengikuti kegiatan ini. Mereka adalah pegiat media sosial, anggota komunitas IT, pengelola website, blogger, youtuber dan beberapa komunitas lain.

Heri Sutoko, mewakili Kadinas Kominfo Kendal selaku penyelenggara mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam menyampaikan wawasan, informasi kegiatan, potensi dan pembangunan di kabupaten Kendal.

Heri berharap kegiatan itu dapat memberikan manfaat yang besar bagi generasi muda yang sedang gencar-gencarnya mengelola media informasi dan media sosial. Selain itu, dari kegiatan tersebut para peserta dapat memetik manfaat agar terlihat dampaknya terhadap penyebaran informasi di kabupaten kendal.

“Agar informasi yang disampaikan bermanfaat dan tidak menimbukan gejolak-gejolak di masyarakat,” tuturnya.

Dua narasumber kondang dihadirkan pada kegiatan ini. Yakni Moh Muzakka Musaif, dosen Fakultas Ilmu Budaya UNDIP Semarang dan Muhammad Zainul Haqq, lulusan Sintesa Academy asal Tulungagung, Jawa Timur.

Moh Muzakka dalam pemaparannya memberikan materi dasar-dasar jurnalistik yang meliputi penulisan berita dan opini. Dalam penulisan berita, menurutnya harus mudah dimengerti, menggunakan bahasa yang singkat, jelas dan padat, memperhatikan EYD serta memenuhi unsur 5W1H yakni, who (siapa), what (apa), where (dimana), when(kapan), why(mengapa) dan how (bagaimana).

Ia juga menyontohkan beberapa berita berita, artikel dan opini yang pernah ia tulis dan dimuat dalam surat kabar dan media online.

Sementara narasumber lain, Muhammad Zainul Haqq menyampaikan beberapa tehnik mengelola website dan bisnis online. Menurutnya, untuk mendapatkan banyak viewer konten harus viral dan informatif. Konten dapat berisi share ilmu yang bermanfaat bagi orang lain. Selain itu, pemilihan judul juga harus semenarik mungkin, unik dan berkualitas.

“Sedangkan untuk meningkatkan keterlihatan website atau agar website dapat tampil di halaman pertama Google, dapat menggunakan SEO. Dengan SEO website akan mudah dilihat ketika pengguna internet mencari sesuatu hal yang berhubungan dengan website kita,” imbuhnya.

Diakhir pemaparannya, Zainul Haqq memberikan pesan agar tidak bermain dengan hoax, karena dengan menebar hoax dapat menjadi jariyah keburukan.

“Begitu juga dengan menebar kebaikan, dapat menjadi jariyah kebaikan seumur hidup kita,” pungkasnya. (Mufty)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here