PANZIS GP ANSOR Kumpulkan 10 Ton Gabah Zakat

0
55

panzis k

Kangkung, nukendalonline. Tahapan kegiatan Panzis GP Ansor telah sampai pada penjemuran dan penyelepan. Penghimpunan yang berlangsung sejak tanggal 1 april hingga 15 mei 2016 telah berhasil mengumpulkan sekitar 10 ton gabah kering dari Muzakki di desa Tanjungmojo.

Achmad mustofa menjelaskan bahwa perolehan tahun ini sedikit berkurang, karena panen raya tahun ini kurang maksimal. Sebab banyak petani yang hasil tanaman padinya tidak seperti tahun lalu. Ketua  Ranting GP Ansor Tanjungmojo  itu menambahkan bahwa tahun lalu (2015) bisa terkumpul gabah sekitar 12 ton. Disela-sela kesibukannya bersama team panzis yang lain menjemur gabah, ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut sudah menjadi agenda rutin dari panzis GP Ansor yang sudah berlangsung 15 tahun.

Sobirin ketua Panzis mengatakan, penyelepan dijadwalkan tanggal 8-10 Mei 2016, dengan tehnis bergiliran sesuai jadwal yang telah dibagi. “Pengelolaan zakat di desa Tanjungmojo sudah berjalan baik, namun perlu ditingkatkan lagi,” ujar  Sobirin.

Zakat, kata Sobirin,  merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Zakat menurutnya merupakan  rukun Islam yang seringkali di anak tirikan. Sehingga masih membutuhkan upaya lebih keras dari panitia untuk mengajak warga akan kewajiban zakat mal.

Oleh karena itu panitia terus menggandeng tokoh masyarakat, kyai dan para ulama setempat untuk mengajak warga agar mau berzakat. Terlebih Pengurus Ranting NU desa Tanjungmojo beserta banom NU yang lain seperti Muslimat dan Fatayat sangat berperan dalam mengkampanyekan sadar zakat.

“Tahun ini, distribusi beras zakat akan di tasyarupkan kepada mustahik pada hari Ahad, 22 Mei 2016.” jelas Munirin.

 Dia menambahkan, dalam moment distribusi tersebut dikemas dengan acara Pengajian Umum. Dengan mengundang seluruh masyarakat baik muzakki maupun mustahik dalam satu forum bertajuk pengajian umum, diharapkan kesadaran masyarakat akan pentingnya zakat bisa terbangun. Pun,hasil kinerja panitia dalam melaksanakan penghimpunan, sampai pentasyarupan zakat mal bisa dilaporkan langsung kepada masyarakat.
(elmust/Fahroji)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here