PAC IPNU-IPPNU Patebon Tingkatkan Profesionalisme Pengurus Melalui Upgrading

0
228

Patebon, pcnukendal.com – Mengawali kegiatan di tahun 2021, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Patebon menyelenggarakan upgrading pengurus di Gedung Muslimat NU Desa Magersari, Minggu pagi (10/1).

Kegiatan yang mengusung tema “Meningkatkan Pola Pikir Kritis dan Profesional dalam Berorganisasi” ini dihadiri Kepala Desa Magersari Muhyiddin dan beberapa pembina IPNU dan IPPNU Kecamatan Patebon sebagai pemateri.

Kepala Desa Magersari menyambut baik kegiatan itu. Ia menyampaikan pentingnya peran organisasi pelajar seperti IPNU-IPPNU yang selalu melakukan kegiatan yang bermanfaat. Hal itu sangat positif dilaksanakan terutama oleh para generasi muda penerus bangsa.

“Saya sangat mendukung kegiatan ini, terlebih Desa Magersari sebagai tuan rumah pada acara kali ini. Tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, karena masih dalam masa pandemi,” tutur Kepala Desa saat membuka kegiatan.

Upgrading diikuti seluruh pengurus PAC IPNU-IPPNU Patebon dan diisi dengan beberapa materi diantaranya kepemimpinan, public speaking, dan administrasi. Materi kepemimpinan dibawakan oleh Kasatkorcab Banser Kendal, Machdum. Ia memaparkan pentingnya jiwa kepemimpinan bagi kader IPNU – IPPNU.

“Kader NU harus berjiwa besar, mampu memimpin, minimal memimpin diri sendiri. Jadilah orang yang apa adanya, tidak usah dibuat-buat. Bungkus karakter alami kalian dengan sikap dewasa,” ujarnya.

Materi lain yakni public speaking disampaikan Indaka. Pembina IPPNU Patebon ini menyampaikan aspek-aspek penting dan teknik yang harus dikuasai dalam berbicara di depan umum.

 “Selain penampilan, beberapa hal tak kalah penting adalah audio, latihan, dan jam terbang. Berbicaralah sehingga membuat lawan bicara seolah-olah merasa kita se-frekuensi dengannya,” terangnya.

Sementara materi administrasi disampaikan oleh Ketua PC IPNU Kendal periode 2015-2017, Gus Kholid. Ia mejelaskan peraturan normatif administrasi terbaru IPNU secara singkat dan jelas. Menurutnya, administrasi tidak melulu tentang tugas sekretaris. Segala kegiatan pengelolaan organisasi juga memerlukan administrasi.

“Mulai dari keanggotaan, kaderisasi, aktivitas dan kegiatan selama organisasi itu berjalan harus tertata secara administrasi,” tutur Gus Kholid.

Mantan Ketua PC IPNU Kendal, Maskun juga hadir pada kesempatan itu. Ia turut memberikan motivasi pada adik-adik penerusnya untuk terus berjuang di IPNU-IPPNU. “Allah tidak mungkin membiarkan orang yang bersusah payah untuk kebaikan, pasti ada manfaatnya, saya yakin,” ujar Maskun.

Maskun berharap, selain menjadi ajang silaturahmi, kegiatan itu dapat membawa manfaat, menambah pengetahuan dan ilmu organisasi, serta meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusia terutama bagi pengurus IPNU-IPPNU Patebon. (Ivan/Muf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here