PAC GP Ansor Gemuh Adakan Kajian Kitab Kuning

0
47

Gemuh, pcnukendal.com – Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Gemuh mengadakan Kajian Quran dan Fiqih, Sabtu (6/3) di Gedung MWC NU Gemuh.

Acara yang dihadiri pengurus PAC dan Ketua Ranting GP Ansor se-Kecamatan Gemuh ini diisi dengan kajian kitab kuning Irsyadul Ibad karya Syeikh Zainuddin bin Abdul Aziz Al-Malibari.

Menurut Ketua PAC GP Ansor Gemuh, Syaiful Ulum, acara tersebut merupakan program rutin PAC GP Ansor Gemuh yang untuk pertama kalinya digelar. Selanjutnya acara akan diadakan setiap sebulan sekali.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran sahabat-sahabat semua, semoga acara ini dapat secara istiqomah dilaksanakan dan membawa manfaat bagi kita semua,” tutur Gus Ulum.

Kajian kitab kuning dipimpin oleh Ketua MDS Rijalul Ansor Gemuh, Gus Ibnu Mundhir. Dalam kajiannya, ia menggambarkan betapa pentingnya menghadirkan

niat baik dalam setiap aktifitas. Dengan niat baik, tanpa perlu waktu, tenaga atau bekal apapun, lautan pahala akan menjadi milik kita. Semua akan dengan mudah digapai hanya berbekal niat baik dalam hati.

”Sesungguhnya tiap amal perbuatan itu tergantung pada niat. Seseorang akan mendapatkan bagiannya seperti yang diniatkannya. Bila dirinya niat hijrah karena taat pada Allah dan Rasul-Nya, hijrah itu benar-benar kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan, siapa yang niat hijrah untuk keuntungan dunia atau wanita yang akan dikawininya, hijrahnya terhenti pada apa yang ia hijrah karenanya,” tuturnya mengutip hadits Bukahri dan Muslim yang diriwayatkan Umar bin Khattab Ra.

Selanjutnya, Gus Mundhir mengajak peserta kajian untuk menata niat baik agar segala aktifitas dapat bernilai ibadah. Karena tujuan niat dan keyakinan dapat menjadikan satu amalan halal atau haram, benar atau salah, ketaatan atau maksiat.

Di akhir kajian ia menyampaikan harapan agar seluruh anggota Ansor yang merupakan kaum muda NU memiliki ghirah dan keistiqomahan dalam menuntut ilmu dan menebarkan dakwah an nahdliyah. (M. Falakh/Muf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here