OSIS MA NU 02 Muallimin Adakan Peringatan Maulid Nabi

0
23

Weleri, pcnukendal.com – OSIS MA NU 02 Muallimin Weleri mengadakan peringatan maulid nabi Muhammad Saw pada Jumat (15/11) di Musholla Muallimin sekolah setempat.

Kegiatan diawali dengan pembacaan kitab Albarzanji diiringi rebana. Penampilan grup rebana yang memukau mendapat apresiasi dari Kepala Madrasah. Usai pembacaan kitab Albarzanji, dilanjutkan dengan sambutan panitia yang disampaiakan Ketua OSIS, Sisma Yulianti. Dalam sambutannya, Sisma berterima kasih atas bantuan teman-temannya terutama kelas XII yang memberikan bimbingan sehingga peringatan maulid nabi Muhammad Saw dapat terlaksana.

Sambutan berikutnya disampaikan Kepala Madrasah, Warno. Ia mengatakan bahwa OSIS merupakan wadah untuk menempa para siswa dalam berorganisasi sehingga nantinya dapat memiliki kiprah nyata di masyarakat.

“Untuk itu, jadikanlah OSIS sebagai ujud nyata pengabdian kalian. Para pemimpin kita baik di pusat maupun di daerah adalah alumni aktivis OSIS,” katanya.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw tersebut juga diisi uraian hikmah oleh Siti Maesaroh. Guru muda ini menyampaikan bahwa fenomena peringatan maulid nabi Muhammad di Indonesia terbagi dua kelompok. Pertama kelompok yang mencintai maulidurrasul, yakni kelompok yang dari tanggal 1 sampai tanggal 12 di Musholla ataupun Masjid melantunkan sholawat, dan biasanya diakhiri dengan pengajian. Hal ini biasa dilakukan oleh masyarakat Nahdliyin.

Maesaroh melanjutkan dengan mengumpamakan kelompok kedua, yakni kelompok yang diibaratkan orang-orang buta yang menyimpulkan seekor Gajah. Sebagian mereka ada yang mengatakan gajah itu panjang karena yang ia raba adalah belalai. Ada yang mengatakan gajah itu lebar, karena yang ia raba adalah telinga. Ada pula yang mengatakan gajah itu seperti tiyang karena yang ia raba adalah kakinya. Mereka menyimpulkan sesuatu tanpa melihatnya secara utuh.

Para siswa tampak antusias mendengarkan uraian hikmah yang disampaikan guru muda dan cantik itu. Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw berakhir pukul 11.45 Wib. (H.M Makhrus Ali/Mf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here