NU Desak Pembahasan Raperda Madin

1
67

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kendal mendesak Pemkab dan DPRD Kendal untuk segera membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Madrasah Diniyah menjadi Peraturan Daerah (Perda) Madrasah Diniyah (Madin) dan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ ). Desakan itu disampaikan Ketua PCNU Kendal KH Muhammad Danial pada acara Muskercab NU II yang dihelat di Gedung NU Kendal kemarin.
“Melalui rekomendasi Muskercab NU Kendal kita akan mendesak Pemkab dan DPRD untuk segera membahas dan mengesahkan Raperda menjadi Perda Madin dan TPQ,” ujar Danial.
Menurut Danial hampir di semua desa di Kabupaten Kendal terdapat Madrasah Diniyah (Madin) dan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ). MDA dan TPQ ikut berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, terutama di bidang mental-spiritual. Madin, menurut Danial mampu berkontribusi mewujudkan keseimbangan tiga elemen kecerdasan bangsa yang meliputi kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual serta menjamin kesinambungan dan keberlangsungan kehidupan bangsa yang religius.
Dikatakannya selama ini apresiasi terhadap keberadaan Madin dan TPQ masih sebatas basa-basi politik saat menjelang Pemilu atau Pilkada dan orasi-orasi sepihak dalam berbagai forum keagamaan yang bersifat internal. Kalaupun ada apresiasi nyata berupa penyediaan sarana dan prasarana atau pemberian bantuan finansial, maka itu bersifat sporadis, perorangan, insidentil dan tidak terprogram secara kontinyu. Akibatnya adalah tampilan Madin dan TPQ secara umum masih sangat sederhana memprihatinkan.
Wakil Sekretaris PCNU Kendal, Fahroji, menambahkan disamping mendesak pembahasan Raperda Madin TPQ, Muskercab NU juga akan merekomendasikan dukungan terhadap pelaksanaan Pilkada langsung yang akan dilaksanakan secara serentak pada 2015 dan 2018. Kabupaten Kendal termasuk daerah yang akan menggelar pilkada tahun depan. PCNU Kendal perlu memberikan dukungan moral terhadap pelaksanaan pesta demokrasi tersebut agar berjalan lancar dan ekses negatif dari pelaksanaan Pilkada pada masa lalu dapat ditekan seminimal mungkin.

1 KOMENTAR

  1. Ass. war.wab.
    Kami para asatidz- asatidzah dan semua pengurus Madin dan TPQ siap mendukung ,kalau eksekutif bingung bikin Raperda Madin dan TPQ. dibuatkan saja oleh PC NU Kendal , biar tidak terlalu lama .
    Selama ini guru Madin dan TPQ dijadikan obyek janji -janji para Caleg di setiap pemilu dan janji para cabup menjelang pilkada .
    Kalau eksekutif kurang respons ,mosok para asatidz- asatidzah dan semua pengurus Madin beserta santri mau demo unjuk rasa semua…!!!!
    Wass.war.wab.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here