NIKAH SECARA TELECONFERENCE

1
861

A. Pertanyaan :

Drs. H. Umar Said ketua PC Pergunu Kendal bertanya : Assalamualaikum, wr. wb.
Pak Kiai, nyuwun sewu ada seorang teman bertanya, “bagaimana hukumnya pernikahan yang dilaksanakan dengan cara teleconference (jarak jauh)” ? Wassalamualaikum.wr.wb.

B. Jawaban :

Proses akad nikah itu harus dalam satu majelis yang dihadiri secara musyafahah (مشافهة yaitu pertemuan langsung secara berhadap-hadapan) antara wali, penganten dan dua saksi, sekiranya penganten dan dua saksi mendengar dan melihat gerak bibir wali ketika mengucapkan ijab, demikian juga wali dan dua saksi dapat mendengar dan melihat gerak bibir pengantin ketika mengucapkan qabul. Wali dan atau penganten diperbolehkan mewakilkan dalam akad nikah.
Akad nikah secara teleconference, atau melalui telepon, faks, telegraph atau internet, meskipun antara wali, pengantin dan dua saksi dapat saling mendengar dan atau melihat gerak bibir ketika terjadi ijab qabul, tetapi menurut fugoha belum memenuhi syarat حضور (kehadiran langsung) dan اجتماع (pertemuan langsung) dalam satu majelis, karena kondisi saling mendengar dan atau melihat melalui layar alat teleconference belum bersifat tahqiqi (terjaminnya autentitas), dan masih mengadung kemungkinan adanya keleliruan dan kepalsuan.

C. Referensi :

الأصل في عقد النكاح أن يحضر الزوج والولي والشهود، فيحصل الإيجاب والقبول مشافهة، بحيث يسمع ذلك الشاهدان، فيشهدان على ما سمعا، وعلى هذا فإن عقد النكاح بواسطة شبكة الإنترنت ليس فيه حضور، ولو كان هناك سماع، وقد يكون هناك رؤية تشبه المقابلة، وحيث أنه شيء حادث لم يعرفه الأولون، فإنه بذلك ما تكلموا عليه، وكذلك المكالمات الهاتفية سواء عبر الهاتف أو عبر الإذاعة المسموعة أو المرئية أو نحو ذلك، فلم يتكلموا على ذلك، ونرى أنه لا يتحقق الشرط، فقد ذكر الفقهاء أنه لابد من حضور أربعة: الولي والزوج والشاهدين، ومعلوم أنه مع المكالمة الهاتفية لا يحصل حضور ولا اجتماع، وكذلك إرسال الإيجاب أو القبول عبر الفاكس ونحوه، يتخلف فيه الحضور والسماع الذي هو مطلوب، وقد يخاف أن يكون هناك تزوير أو تلبيس، والذي يظهر أنه لا يصح العقد بهذه الوسائل، وقد ذكر الفقهاء جواز التوكيل، وذلك بأن يوكل الزوج من يقبل عنه بعد الإيجاب وكالة شرعية، أو يوكل الولي من يتولى الإيجاب، فيقول الولي: (زوجت موكلك فلانًا ابنتي فلانة)، أو يقول وكيل الولي: (زوجتك ابنة موكلي فلانة بنت فلان)، فإن حصل قبول تم العقد، كما أنه يجوز التوكيل المتحقق عبر الهاتف، فيتصل الولي بأخيه أو قريبه ويقول: (وكلتك تعقد لفلان على ابنتي فلانة)، أو يتصل الزوج فيوكل فلانًا ويقول: (أنت وكيلي في قبول العقد على فلانة ابنة فلان) ويشهد على ذلك
انظر موسوعة الفقه الإسلامي المعاصر للشيخ الدكتور وهبة الزحيلي 3/ 223-247

Muhammad Danial Royyan

1 KOMENTAR

  1. Pertanyaan di atas pernah seseorang bertanya kepada Gus Dur dan Gus Dur menjawab boleh saja asalkan kalau menjalin hubungan intim suami istri atau jimak ya harus teleconference juga. Jelas dalam logika sosial pernikahan itu tidak lazim pada tempat yang selayaknya dilakukan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here