Ngopi Bareng IPNU-IPPNU Jambearum, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Berbagi Ilmu Jurnalistik

0
95

Patebon, pcnukendal.com – Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdatul Ulama (IPPNU) Desa Jambearum, Kecamatan Patebon bersama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Walisongo Semarang berbagi dasar-dasar ilmu jurnalistik dalam acara Ngopi Bareng, Selasa malam (13/10) di kediaman Bendahara IPPNU Jambearum, Noni.

Selain untuk mengasah ilmu jurnalistik, acara tersebut diadakan sebagai realisasi dari program kerja individu KKN Reguler dari Rumah, UIN Walisongo Semarang 2020.

Acara dibuka Bendahara IPNU Jambearum, Roni dengan doa bersama menyambut hari Rabu Wekasan. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, acara dilakukan secara tatap muka dengan ngopi bareng.

Bertindak sebagai narasumber, Ivan memaparkan aspek-aspek penting ilmu jurnalistik secara bertahap. Aspek-aspek tersebut meliputi bahasa jurnalistik, rubrikasi media online, dan prinsip 5W+1H dalam menulis berita.

Menurut mahasiswa UIN UIN Walisongo Semarang ini, generasi muda dan pelajar NU harus melek terhadap berbagai macam informasi, menyaring berita, dan dapat menangkal hoaks. Tujuannya agar tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang tidak benar mengenai peristiwa yang sedang hangat diperbincangkan seluruh jagat media sosial.

“Tidak hanya membaca judul berita, kita juga harus teliti mengecek sumbernya, tendensinya apa, dan kemana arah berita akan membawa kita,” ujar Ivan.

Sementara anggota IPPNU Jambearum, Fella mengungkapkan keprihatinannya terhadap netralitas sumber informasi dan berita dari berbagai media yang seharusnya menjadi sumber yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Sumber yang jelas menjadi pertimbangan penting bagi kita untuk bersikap, tidak asal membaca saja lalu cepat menyimpulkan. Lebih parahnya lagi membagikan berita yang nggak jelas tersebut ke grup-grup WhatsApp dan status Facebook, miris!,” katanya. (Ivan/Muf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here