Ngaji Qomi’ Ath Thughyan: Cabang Iman (9-10)

0
19

Nadhim berkata dalam nadham-nya:

(وبأنَّ مَرْجِعَ مُسْلمٍ لِجِنانِه    وبأَنَّ مَرْجِعَ كافِرٍ لِجَهَنَّمُ)

Beriman bahwa tempat kembali orang Islam adalah di Surga dan tempat kembali orang kafir adalah Neraka Jahanam.

9. Beriman bahwa surga adalah tempat yang kekal bagi orang Islam dan neraka adalah tempat yang kekal bagi orang kafir

Bait ini bermaksud memberitahukan bahwa cabang iman yang ke-9 yaitu beriman bahwa surga adalah tempat tinggal kekal (tetap) untuk orang Islam. Yang dimaksud orang Islam di sini adalah orang yang meninggal dalam keadaan memeluk agama Islam, walaupun sebelumnya ia adalah kafir dan kemudian ia berpaling untuk memeluk agama Islam. Untuk jenis orang yang kedua ini ia tidak akan kekal ditempatkan di neraka, melainkan setelah itu ia akan ditempatkan di surga sebagai tempat tinggal tetapnya. Oleh karena itu, ia tidak disiksa selamanya di neraka, karena ia mati ketika sudah memeluk Islam. Ketika ia dimasukkan ke dalam neraka, ia dalam keadaan mati dalam jangka waktu yang hanya diketahui oleh Allah SWT, maka ia tidak akan dihidupkan sampai ia keluar dari neraka. Yang dimaksud mati di sini bukanlah mati yang sebenarnya, yaitu mati dengan keluarnya ruh dari badan, melainkan sebuah kiasan di mana ia dalam keadaan tidak merasakan siksa neraka.

Orang kafir di sini adalah orang yang mati dalam keadaan kafir, atau orang yang hidup lama dalam keadaan Islam namun kemudian ia berpaling menjadi kafir. Barang siapa yang bersikeras berangan-angan namun tidak menemukan yang haq (kebenaran), meninggalkan taqlid (mengikuti orang lain dalam melakukan syariat agama (tanpa mengetahui dasar-dasar hukumnya), dan anak-anak orang musyrik yang tidak masuk dalam kekafiran, menurut pendapat yang shahih maka tempat mereka kelak adalah di surga.

Label kafir dan muslim di sini tidak hanya diperuntukkan bagi manusia saja, namun pada jin pula.

Nadhim berkata dalam nadhom-nya:

(واحْبُبْ إلَهَكَ خَفْ أَلِيْمَ عِقابِه                   ولِرَحْمَةِ ارْجُ تَوَكَّلَنْ يا مُسْلِمُ)

Cintailah Tuhan mu, takutlah akan kepedihan siksa-Nya, berharaplah akan rahmat-Nya dan bertawakallah kepada-Nya wahai orang Islam.

Dalam bait ini nadhim menyebutkan empat macam cabang iman yang selanjutnya, yaitu:

10.  Mencintai Allah SWT

Imam Sahal berkata:

  • Ciri-ciri orang cinta kepada Allah adalah cinta pada Alquran,
  • Ciri-ciri orang yang yang cinta Alquran adalah cinta kepada Nabi Muhammad SAW,
  • Ciri-ciri cinta Nabi SAW adalah cinta pada sunah-nya,
  • Ciri-ciri cinta pada sunah Nabi adalah cinta pada akhirat,
  • Ciri-ciri cinta akhirat adalah benci terhadap (kehidupan) dunia,
  • Ciri-ciri benci dunia adalah dengan tidak mengambil sesuatu yang berbau duniawi sebagai bekal menuju akhirat.

Khatim bin Alwan mengatakan bahwa barang siapa yang mengaku-ngaku atas tiga hal tanpa adanya tiga hal yang lain, maka ia dinilai berbohong. Ketiga hal tersebut yaitu:

  1. Barang siapa yang mengaku-ngaku cinta kepada Alloh SWT tanpa menjaga dirinya dari hal-hal yang diharamkan oleh Alloh, maka ia telah berbohong.
  2. Barang siapa yang mengaku-ngaku mencintai Nabi SAW tanpa mencintai orang-orang fakir, maka ia telah berbohong.
  3. Barang siapa mengaku-ngaku mencintai surga tanpa menginfakkan hartanya, maka ia telah berbohong.

Sebagian orang-orang bijak (ahli ma’rifat) mengatakan bahwa ketika sebuah iman berada pada kulit hati, maka iman itu adalah cinta kepada Alloh SWT yang hanya berukuran sedang. Namun ketika iman itu berada di dalam hati, maka iman tersebut adalah benar-benar sangat mencitai Alloh dan meninggalkan maksiat.

Ada beberapa dakwaan cinta yang sangat mengkhawatirkan. Oleh karena itu, Al -Fadlil mengatakan: “Ketika dikatakan kepadamu, apakah kamu mencintai Alloh?, maka hendaknya kamu diam, karena jika kamu mengatakan “tidak” maka kamu telah kufur. Namun jika kamu mengatakan “ya”, sementara kamu bukan termasuk orang yang mencintai Alloh, maka kamu telah berbohong”.

Diasuh Oleh: KH. Akhmad Rojin, Rois Syuriah MWC NU Patean, Pengasuh Ponpes Assalafiyyah An-Nahdliyah Patean, Kendal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here