NABI SAW PERNAH BERCANDA

0
74

Dalil yang menunjukkan bahwa Nabi SAW pernah bercanda adalah hadits-hadits berikut ini :

كان النبي صلى الله عليه وسلم يمزح ولا يقول إلا حقا .

“Rasululloh SAW adalah orang yang suka bercanda tetapi tidak mengucapkan kecuali ucapan yang benar”.

 

عن أبي هريرة رضي الله عنه أنهم قالوا يا رسول الله: إنك تداعبنا، قال: إني لا أقول إلا حقا.

Dari Abu Hurairah R.A. bahwa para sahabat bertanya : “Ya Rasulalloh sungguh engkau mau bercanda dengan kami?”. Rasululloh SAW menjawab : “Sungguh aku tidak mengucapkan kecuali ucapan yan benar”.

Pernah Rasulullah SAW berkumpul bersama dengan para sahabatnya. Sajian yang ada di depan mereka adalah Kurma. Setiap kali mereka makan kurma, biji-biji sisanya mereka sisihkan di tempatnya masing-masing.

Ali bin Abi Thalib yang duduk persis di samping Nabi SAW telah menghabiskan cukup banyak kurma. Tentu saja, biji-biji kurma yang ada didepannya menumpuk lebih banyak di bandingkan yang di depan sahabat yang lain, termasuk milik Rasulullah. Karena ingin bercanda diam-diam Ali memindahkan biji kurma miliknya ke tempat biji kurma milik Rasulullah. Saat semua biji kurma sudah berpindah tempat, Ali menggoda Nabi dan berkata :

“Wahai Rasulalloh sepertinya engkau sangat lapar, sehingga makan kurma sangat banyak. Lihat biji-biji kurma di tempatmu menumpuk sangat banyak. Tanpa terkejut atau marah, bahkan sambil tersenyum Nabi SAW membalas candaan Ali dan bersabda : “Ali, justru kamulah yang sangat lapar, sehingga engkau makan kurma-kurma itu berikut biji-bijinya. Lihatlah, tidak ada biji-biji kurma tersisa di depanmu”. Jawaban Nabi SAW tersebut langsung mengundang tawa dari para sabahat yang berkumpul di majelis itu. (MD Royyan).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here