MWC NU Minta PAC Ansor dan Fatayat Sukorejo Segera Gelar Konferancab

0
151

Sukorejo, pcnukendal.com – Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Sukorejo, Fahroji meminta Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Fatayat NU Sukorejo segera mempersiapkan gelaran Konferensi Anak Cabang (Konferancab) di masing-masing Badan Otonom.

Permintaan itu disampaikan ketua MWC disela-sela menghadiri upacara pembukaan Konferancab XII IPNU-IPPNU Kecamatan Sukorejo di MTs NU 13 Arrahmat, Minggu (10/1) kemarin.

“Kita apresiasi IPNU -IPPNU yang menggelar Konferancab tepat waktu. Oleh karenanya PAC GP Ansor dan Fatayat NU tidak boleh kalah dengan adik-adiknya IPNU-IPPNU,” ujarnya.

Menurutnya selaku Ketua MWC NU Sukorejo, dirinya mempunyai kewajiban organisasi mengingatkan badan otonom dan lembaga agar sesuai dengan aturan main yang ada.

Dijelaskan, ada kultur yang agak beda antara NU di Pantura dan NU di pegunungan. Di Pantura kalau periodisasi kepengurusan NU atau Banom sampai melewati batas waktu maka akan banyak diprotes ranting. Namun tidak demikian dengan di Sukorejo yang daerah pegunungan, Ranting diam, bisa jadi tidak tahu atau rasa “rikuh pekiwuh” lebih dominan.

Kasus ini pernah terjadi pada PAC Fatayat NU Sukorejo periode sebelum dijabat Kodriyah, ketuanya menjabat sampai belasan tahun tanpa konferensi. Akibatnya banyak alumni IPPNU yang potensial belum terakomodasi dalam Fatayat NU.

Ditambahkan, penyelenggaraan Konferancab yang tepat waktu selama ini lebih banyak diinisiasi oleh kesadaran ketua yang bersangkutan akan pentingnya regenerasi dan memberikan ruang kepada kader-kadernya untuk bergerak.

“Ceritanya bisa lain kalau ketuanya ingin tetap jadi ketua,” selorohnya sambil tersenyum.

Dalam hitungan mantan ketua PAC IPNU dan Ansor Sukorejo ini, PAC Fatayat NU juga sudah saatnya Konferancab. Konferancab Fatayat yang terakhir 2016 bersamaan Konferensi MWC NU dan IPNU – IPPNU. Sedangkan untuk Ansor Konferancab terakhir digelar sebelum Konferensi MWC NU, sekitar 2014.

“Ini pertengahan 2021 MWC NU juga akan menggelar Konferensi. Jangan sampai Konferancab Ansor kedahuluan MWC NU,” pungkasnya. (Fikri)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here