Muslimat Gempolsewu Santuni Ratusan Anak Yatim dan Kaum Jompo

0
108

whatsapp-image-2016-10-27-at-08-35-59

Rowosari pcnukendal.id Pertemuan Rutin Muslimat NU Ranting Gempolsewu kecamatan Rowosari pada Minggu (16/10), tidak seperti biasanya. Acara selapanan yang dilaksanakan tiap Ahad Kliwon itu berlangsung lebih ramai dan meriah. Pasalnya, agenda yang biasanya diisi pengajian tersebut juga diisi santunan untuk kaum jompo dan anak yatim.

Kegiatan tersebut sangat selaras dengan isi tausiah yang disampaikan Nyai Nurul Qasanah Al-Hafidhoh dalam kegiatan tersebut. Dalam kesempatan itu, Nurul Qasanah menyampaikan tausiah tentang keutaman bulan Muharom yang sebaiknya diisi dengan kegiatan bermanfaat. Salah satunya adalah menyantuni anak yatim dan kaum jompo.

Lantunan tahlil mengawali kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Gempolsewu itu. Puluhan peserta yang terdiri dari anggota Muslimat Ranting Gempolsewu, ibu-ibu berusia lanjut, anak-anak yatim piatu, dan perangkat desa Gempolsewu khidmat mengikuti setiap bacaan tahlil.

whatsapp-image-2016-10-27-at-08-36-02

Dalam agenda santunan itu, dana diperoleh dari sumbangan yang dikumpulkan tiap pertemuan selapanan. Setelah dikumpulkan selama satu tahun, dana itu disalurkan kepada pihak yang membutuhkan pada bulan Muharam.

Kegiatan yang sudah berlangsung selama beberapa tahun itu mengalami perkembangan yang positif. Hal itu dilihat dari semakin banyaknya donatur yang bergabung untuk mendukung kegiatan tersebut. Selain itu, kalau biasanya santunan hanya diberikan kepada anak yatim, tahun ini santunan juga diberikan pada orang tua jompo yang dalam kesehariannya sudah tidak mampu mencukupi kebutuhan hidupnya.

Rikhana, Ketua Muslimat NU Ranting Gempolsewu, mengucapakan banyak terima kasih atas terselenggaranya acara santunan itu, terutama kepada para donatur yang telah menyisihkan sebagian hartanya. Ia berharap kegiatan tersebut bisa berlanjut pada tahun-tahun berikutnya.

whatsapp-image-2016-10-27-at-08-35-58

Tasrifah, ketua pengurus Pengajian Selapanan Minggu Kliwon dalam laporannya, menuturkan bahwa pada tahun ini dana santunan yang terkumpul mencapai Rp.31.385.000 (tiga puluh satu juta tiga ratus delapan puluh lima ribu rupiah). Dana sebesar itu diberikan kepada 171 anak yatim dan 200 orang tua Jompo. Mereka berasal dari seluruh pelosok Desa Gempolsewu, serta meluas sampai anak yatim dan kaum jompo yang berasal dari Dukuh Tegalsari Desa Rowosari Kecamatan  Rowosari.

Pada kesempatan itu, Tasrifah juga mengucapkan terima kasih kepada donatur atas partisipasi dan kepercayaan mereka kepada pengurus pengajian ahad kliwon untuk mengelola dan menyalurkan dana santunan kepada anak yatim dan kaum jompo.

“Besarnya jumlah dana yang disantunkan mungkin tidak seberapa. Saya berharap, penggalangan dana untuk tahun depan bisa lebih maksimal sehingga bisa memberikan santunan dengan nilai yang lebih besar dari tahun ini,” tutur Tasrifah. (Teguh Waluyo/Zubair).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here