Muhammadiyah itu NU ! (Dokumen Fiqih yang Terlupakan )

0
125

Dokumen fiqih Muhammadiyah terbitan 1924 itu seolah membeku di peti es. Membaca kitab itu serasa dihujani jarum. Menulis ulang kitab itu serasa tertusuk sembilu. Ada ranjau yang bisa menjebak hawa nafsu. Namun, juga bisa menyatukan warga Muhammadiyah dan NU.

Buku ini meskipun menyimpan dilema, ingin menyodorkan fakta sejarah yang terlupakan. Bahwa dulu Muhammadiyah sama persis dengan NU, demikian pula sebaliknya. Lalu, mengapa kini menjadi sangat berbeda?. Buku ini menjelaskan dengan ringkas.

“Ada dua pernyataan terkait sejarah. Jangan sekali- kali meninggalkan sejarah, membuat kita kehilangan orentasi. Jangan sekali-kali memberhalakan sejarah, membuat kita terpenjara masa silam. Penulis buku ini mampu mengkritisi dan memaknai kembali sejarah,” (Mustofa W. Wasyim, Sekretaris Lembaga Seni Budaya dan Olahraga PP Muhammadiyah, Ketua Majlis Ilmu Nahdlatul Muhammadiyah, Anggota Dewan Redaksi Suara Muhammadiyah).

“Buku ini menarik dibaca secara kritis, terutama terkait kaifiat ibadah dan madzab. Perlu disadari bahwa Muhammadiyah adalah sebuah gerakan yang terus berubah dan berkembang,” (Abdul Munir Mulkan, Budayawan, mantan Wakil Sekretaris PP Muhammadiyah).

Data Buku :
Judul : Muhammadiyah itu NU ! (Dokumen Fiqih yang Terlupakan)
Penulis : Muhammad Ali Shodiqin
Penerbit : Noura Books (PT Mizan Publika)
Tebal : 309 halaman
Info : 082135050118

judul iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here