MTs NU 20 Kangkung Adakan Jum’at Sehat

0
311

k-mufty

Kangkung pcnukendal.id MTs. NU 20 Kangkung bekerja sama dengan Pukesmas Kangkung melakukan kegiatan Penanggulangan Anemia pada Remaja Putri atau Wanita Usia Subur (WUS). Kegiatan itu biasa dinamakan Jum’at Sehat. Dalam satu bulan sekali dan di agendakan pada hari Jum’at, siswi di madrasah tersebut diberikan satu tablet tambah darah untuk di minum bersama-sama.

Sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan, para siswi di berikan penjelasan tentang gizi, anemia dan kesehatan. Selama ini, pengetahuan tentang kesehatan yang dimiliki remaja putri masih rendah. Karena itu, Istiawati, Kepala UPTD Puskesmas Kangkung, menyarankan kepada sekolah untuk melakukan edukasi secara berkelanjutan, diantaranya melalui kegiatan UKS atau kegiatan lainnya.

Istiawati melanjutkan, remaja putri berisiko tinggi mengidap anemia. Ketika seorang remaja mengidap anemia, hal itu akan menurunkan kemampuan fisik dan prestasi akademiknya.

“Pencegahan dan penanggulangan anemia pada anak sekolah dapat di lakukan dengan memberikan suplemen zat besi atau multivitamin,” papar Istiawati.

Selain melakukan agenda penanggulangan anemia, pada kesempatan itu diadakan pula pemeriksaan kesehatan secara berkala oleh petugas dari Puskesmas Kangkung. Dengan adanya kegiatan penyuluhan kesehatan itu, diharapkan kesehatan para siswa benar-benar di perhatikan dan dapat berdampak terhadap semangat belajar dan prestasi mereka. (Mufty/Zubair).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here