MI NU 04 Kumpulrejo Kaliwungu Sabet Juara Umum Lomba Drumband HAB Kemenag

0
217

Kendal, pcnukendal.com – Marching Band Bahana Gita Iswara MI NU 04 Kumpulrejo Kaliwungu berhasil meraih Juara Umum Lomba Drumband Tingkat Madrasah Ibtidaiyah se-Kabupaten Kendal tahun 2020, Selasa, (14/1) di GOR Bahurekso Kendal.

Pada lomba yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag ke-74 itu, MI NU 04 Kumpulrejo berhasil memborong juara pada 6 kategori lomba, yakni Juara 1 Display, Juara 1 Music Analisis, Juara 1 General Effect, Juara 1 Color Guard, Juara 1 Field Commander, dan Juara 1 Drum Majorette. Keenam piala itu mengantarkan MI NU 04 Kumpulrejo menyabet gelar Juara Umum 1. Adapun lagu yang mereka bawakan ialah 3 lagu Alan Walker, yaitu Lily, Faded, dan On My Way.

Sementara itu, posisi Juara Umum 2 dan seterusnya ditempati MI NU 73 Poncorejo (4 piala), MIN 1 Kendal (4 piala), MI NU 37 Mojo Ringinarum (2 piala), MI NU 27 Wonosari (2 piala), dan MI Al Islam Sukorejo.

Kepala MI NU 04 Kumpulrejo, Bahrul Ulum mengatakan kesuksesan tim yang diasuhnya menjadi Juara Umum tidak lepas dari keseriusan dan dukungan berbagai pihak, baik dari para pelatih, Guru, orang tua siswa.

“Keberhasilan yang diraih tim Bahana Gita Iswara ini merupakan hasil kerja keseriusan dan keuletan dalam berlatih, dukungan dari Kepala Madrasah sebelumnya, Ibu Sri Lestari, S.Pd.I. dan Bapak Ibu Guru, dari orang tua wali yang mengijinkan putra-putrinya berlatih di tengah liburan semester tentunya juga menjadi hal yang sangat membantu proses menuju juara ini,” terang Bahrul Ulum.

Ia berharap dengan capaian itu dapat dijadikan semangat dan motivasi bagi seluruh warga sekolah untuk selalu memaksimalkan potensi yang ada. Selain itu juga menjadi pendorong untuk selalu berprestasi baik di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi lebih-lebih ke tingkat nasional, sekaligus sebagai ajang menyalurkan hobi bagi siswa-siswi MI NU 04 Kumpulrejo.

“Semoga kesuksesan ini menjadi motivasi, semangat, dorongan dan tolak ukur untuk terus memaksimalkan apa yang kita miliki, supaya mendapatkan hasil yang lebih baik dan lebih baik lagi,” imbuhnya.

Raihan juara Marching Band Bahana Gita Iswara itu bukan kali pertamanya. Sebelumnya, Bahana Gita Iswara pernah mengikuti Gita Nirwana Marching Band Competition dan menyabet 11 Piala dan 1 Piala Bupati sehingga mengantarkannya menjadi Juara Umum 2. Tak hanya itu, Marching Band MI NU 04 Kumpulrejo itu juga sering mewarnai berbagai kegiatan dan acara di berbagai daerah.

Keberhasilan Marching Band MI NU 04 Kumpulrejo tak lepas dari peran pelatih yang merupakan lulusan Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Semarang, yakni M. Nurul Ashyar, Saeful Anwar dan Septi Laraswati.

Menurut M. Nurul Ashyar, tidak mudah untuk membentuk formasi display yang sedemikian rupa apalagi yang diajarnya adalah anak-anak yang masih mempunyai kesenangan dengan dunianya sendiri, sehingga membutuhkan proses latihan selama lebih dari 2 bulan dan harus mengorbankan liburan sekolah.

“Ya sebenarnya kami sudah berlatih rutin sejak awal tahun pelajaran, tetapi, latihan kita intensifkan selama liburan untuk memaksimalkan penampilan (dalam kompetisi) ini, apalagi siswi-siswi disini sangat aktif dan terkadang susah untuk diatur, sangat susah menerapkan formasi displaynya,” ujar Ashyar. (Lukluk Anjaina/Mf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here