Mengisi Kekosongan Ketua PAC Muslimat NU Sukorejo

0
48

Oleh: Fahroji

Konfercab Muslimat NU Kendal, Ahad (8/2) di Gedung Muslimat NU Kendal nyaris sepi dari pemberitaan. Tidak ada isu bursa kandidat yang mewarnai pemberitaan menjelang pelaksanaan Konfercab. Lewat grup WhatsApp alumni IPNU-IPPNU Kendal saya baru tahu yang terpilih ternyata ketua PAC Muslimat NU Sukorejo, Hj. Niken Larasati atau yang sering saya panggil mbak Niken.

Tentu saja yang pertama kali saya lakukan mengucapkan selamat atas terpilihnya sebagai ketua PC Muslimat NU Kendal lewat grup WhatsApp “NU Sukorejo”. Sejarah baru terukir, untuk pertama kalinya ketua PC Muslimat NU Kendal lepas dari Pantura naik ke Pegunungan.

Terpilihnya mbak Niken sebagai ketua PC Muslimat NU Kendal tentu membawa konsekuensi kekosongan jabatan ketua PAC Muslimat NU Sukorejo yang belum lama dijabatnya untuk kedua kalinya. Bahkan setahu saya juga belum sempat dilantik.

Bagaimanapun Muslimat NU Sukorejo harus ikhlas melepas mbak Niken untuk kepentingan dan kemanfaatan yang lebih besar PC Muslimat NU Kendal. Gerbang PAC Muslimat NU Sukorejo harus tetap bergerak, kader dan figur lain harus tampil serta kekosongan jabatan harus segera diisi sesuai mekanisme yang ada di Muslimat NU.

Sesungguhnya kekosongan jabatan bukan hanya dialami ketua PAC Muslimat NU Sukorejo saja. Sebelumnya ketua MWC NU Sukorejo periode ini juga pernah mengalami hal yang sama. Bahkan PAC IPNU periode kemarin mengalami dua kali pergantian ketua PAC.

Saya sendiri selaku ketua MWC NU Sukorejo tahun 2017 ketika waktu itu baru satu tahun menjabat harus ikhlas mengundurkan diri karena tuntutan organisasi kerja di KPU yang melarang aktif di Ormas apapun. Bagi saya tidak masalah, namun tidak untuk rois syuriyah dan pengurus lainnya. Rapat pleno pun digelar. Surat pengunduran diri saya hanya diterima sebagai non aktif selama setahun, karena dinilai suatu saat bisa aktif lagi. Rapat kemudian menetapkan Ahmad Saefudin yang waktu itu sebagai wakil ketua sebagai Plt Ketua MWC NU Sukorejo selama 1 tahun. Setelah purna tugas KPU, rapat MWC NU kembali digelar dan mengembalikan jabatan kepada saya.

Demikian juga dengan Lukman, ketua PAC IPNU Sukorejo periode 2019-2021 yang mundur karena alasan pekerjaan kemudian diganti oleh Tri Brian. Tri Brian setelah beberapa bulan dengan alasan yang sama karena marantau ke luar Jawa kemudian diganti oleh Ahmad Rofi’i hingga terlaksana Konferancab IPNU belum lama ini.

Lantas bagaimana dengan kekosongan jabatan ketua PAC Muslimat NU Sukorejo yang akan ditinggalkan mbak Niken?

Dengan terpilihnya yang bersangkutan sebagai ketua PC Muslimat NU Kendal tentu saja tidak bisa lagi diharapkan kembali menjabat ketua PAC Muslimat NU Sukorejo. Sehingga pada lazimnya harus diangkat Pj ketua PAC Muslimat NU Sukorejo sampai dengan terpilihnya ketua definitif pada Konferancab Muslimat NU berikutnya.

Namun demikian, karena kepengurusan PAC Muslimat NU Sukorejo belum sempat dilantik dan tentunya akan menjalankan tugas lama satu periode, akan menjadi masalah ketika Pj ketua kurang bisa diterima ranting, karena memang bukan hasil pemilihan yang bisa berakibat kurang efektifnya menjalankan kepemimpinannya. Disinilah perlunya kembali di musyawarahkan kepada pengurus ranting tentang solusi terbaik. Jika mengangkat pj ketua PAC Muslimat NU satu periode kurang bisa diterima barangkali perlu diadakan Konferancab ulang atau Konferancab luar biasa untuk mendapatkan kembali ketua PAC Muslimat NU yang definitif hasil pemilihan yang demokratis.

Bagaimana pun kekosongan jabatan ketua PAC Muslimat NU Sukorejo harus segera diselesaikan. Apalagi tugas keumatan PAC Muslimat NU dan koordinasi serta sinerginitas dengan MWC NU dan Banom lain perlu dilakukan untuk menyukseskan gerakan koin NU, NU Mart Sukorejo yang juga sudah menanti. Tentu ini menjadi tugas pertamanya yang harus diselesaikan sebelum mbak Niken disibukkan dengan penyusunan kabinet PC Muslimat NU Kendal masa khidmat 2021-2026. Sekali lagi selamat untuk mbak Niken semoga diberi kesehatan, kekuatan dan keselamatan dalam menjalanksn Amanat sebagai ketua PC Muslimat NU Kendal.

Penulis adalah Ketua MWC NU Sukorejo

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here