Mengenal KH. Nawawi Berjan Purworejo

0
83

Ilmu Tasawuf mengajarkan: “Benamkanlah dirimu ke dalam tanah sedalam-dalamnya, maka niscaya kamu akan diangkat oleh Allah SWT”. Dan, seorang KH. Nawawi dari Berjan Purworejo, telah berupaya menjalankan perintah itu dengan sebaik-baiknya.

Derajat yang tinggi dalam beberapa kepengurusan organisasi sosial kemasyarakatan baik dalam lingkup organisasi Nahdlatul Ulama (NU). Thariqat, dan lain sebagainya tidak menjadikannya “menyembul” keluar dari jati dirinya. Beliau tetap mampu menahan godaan pengaruh kewibawaan, yang kini banyak dicari orang.

Posisinya yang sangat strategis sebagai salah seorang pendiri dan pelopor berdirinya Jam’iyyah Ahli Thoriqah al Mu’tabarah yang dideklarasikan di Pondok Pesantren Tegalrejo Magelang pada 19-20 Robi’ul Awwal 1377/12-13 Oktober 1957 M, tidak dijadikannya ajang untuk mencari keuntungan pribadi.

Beliau seorang kyai matang dalam berorganisasi, khususnya di NU dan Thariqah Qodiriyah wa Naqsabandiyah, tidak pernah mbalelo dalam masa pengabdian yang panjang, banyak kawan, tidak punya lawan, sederhana tidak neko-neko, namun tetap dihormati kalangan tua dan digandrungi anak-anak muda.

Penulisan biografi ini telah berupaya semaksimal mungkin dan seobyektif mungkin menggunakan literatur terpercaya, nara sumber tsiqat, dan tentu saja, sesering mungkin mengadakan kroscek dengan putra al Maghfurlah beliau KH. Chalwani.

Data Buku
Judul : Mengenal KH. Nawawi Berjan Purworejo
Penulis : Tim PP An-Nawawi
Penerbit : Khalista Surabaya
Info : 082135050118

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here