Mengatasi Sampah dengan Bank Sampah

0
241

 

Cepiring pcnukendal.id – Pada Ahad (08/01), PAC Fatayat NU Cepiring menggelar sosialisasi bank sampah. Acara itu bertempat di TPQ NU 03 Sabilul Huda Kalirandugede pada kegiatan Anjangsana Fatayat NU se-kecamatan Cepiring.

Pada kesempatan itu, PAC Fatayat Cepiring menghadirkan narasumber dari kelompok Bank Sampah GEMAS (Gerakan Masyarakat Sehat) Kaliwungu Selatan, yaitu Sahabati Kustiyaningsih dan Sahabati Dwi Setyowati. Sosialisasi tersebut disambut antusias oleh peserta Anjangsana.

Para narasumber menjelaskan bahwa masalah sampah bukanlah permasalahan yang bisa dibiarkan begitu saja. Mereka berpendapat, diperlukan tindakan nyata dan kerjasama oleh setiap lapisan masyarakat. Dalam hal ini, Bank Sampah bisa menjadi salah satu solusi tepat dalam penanggulangan sampah.

Masih menurut narasumber, timbunan sampah yang terus menumpuk akan berakibat buruk bagi kesehatan lingkungan serta menimbulkan berbagai penyakit dan sampah rumah tangga merupakan penyumbang sampah terbesar. Sementara itu, Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang tersedia tidak bisa menampung sampah yang terus menerus dihasilkan masyarakat. Jika masyarakat tidak mulai bertindak untuk mengurangi sampah yang dihasilkan, dampak buruk sampah akan menjadi lebih parah.

Karena itu, penanganan masalah sampah harus dimulai dari sumbernya. Dalam hal ini, Bank Sampah menjadi salah satu solusi Karena ia adalah suatu sistem pengelolaan sampah kering secara kolektif yang mendorong masyarakat untuk berperan serta aktif di dalamnya. Sistem ini akan menampung memilah, dan menyalurkan sampah bernilai ekonomi pada pasar sehingga masyarakat mendapat keuntungan ekonomi dari menabung sampah. (iftaul badri/zuber)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here