MENGANGKAT TANGAN KETIKA MEMBACA DO’A QUNUT

0
72

I. Pertanyaan :
Sdr. H. Mulazim bertanya : imam jamaah sholat subuh tidak mengangkat kedua tangannya ketika membaca doa qunut, bagaimana hukumnya ?

II. Jawaban :
Sunnahnya mengangkat kedua tangan ketika membaca doa qunut, karena Nabi SAW melakukannya. Kalau tidak mengangkat kedua tangan itu hukumnya makruh karena bertentangan dengan sunnah.

III. Referensi :

عَنْ ثَابِتْ عَنْ أَنَسٍ بْنِ مَالِكِ فِي قَصَّةِ الْقُرَّاءِ وَقَتْلِهِمْ، قَالَ: فَقَالَ لِي أَنَسُ: لَقَدْ رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُلَّمَا صَلَّى الْغَدَاةَ يَرْفَعُ يَدَيْهِ يَدْعُوْ عَلَيْهِمْ، يَعْنِى عَلَى الَّذِيْنَ قَتَلُوْهُمْ…
رواه البيهقي 2/211

“Artinya : Dari Tsabit, dari Anas bin Malik tentang peristiwa al-Qurra’ (pembaca al-Qur’an) dan terbunuhnya mereka, bahwasanya ia (Anas) berkata: “Aku telah melihat Rasulullah SAW setiap kali shalat Shubuh, beliau mengangkat kedua tangannya mendo’akan kecelakaan atas mereka, yakni orang-orang yang membunuh Al-Qurra’ ”.

Diriwayatkan oleh al-Baihaqi (II/211), dan ia berkata: “Beberapa Shahabat mengangkat tangan mereka ketika Qunut, di samping yang kami riwayatkan dari Anas bin Malik dari Nabi SAW,
Beliau juga berkata : “Riwayat bahwa ‘Umar bin al-Khaththab RA mengangkat tangan ketika Qunut adalah shahih.” [Al-Baihaqy, II/212]. (MD ROYYAN).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here