MDA NU 19 AL ILHAM Gelar Rapat Pleno Wali Murid

0
70

whatsapp-image-2016-09-19-at-07-27-39

Kangkung pcnukendal.id. Rabu siang, (14/9 2016) ruang kelas MDA NU  19 Al Ilham dipenuhi  wali murid bersama pengurus dan dewan asatidz. Agenda tahunan bertajuk rapat pleno sudah lazim dilaksanakan.

“Rapat pleno merupakan bukti adanya hubungan yang harmonis antara guru dengan orangtua murid.” tutur Karyono, S.Pd dalam sambutanya. Mewakili pengurus.

Guru PNS ini menjelaskan bahwa tantangan dalam mendidik putra-putri semakin besar. Persoalan hari ini semakin menghawatirkan, dengan adanya pengaruh TV dan HP.

“Jika kita tidak waspada bisa kecolongan. Maka di sinilah letak pentingnya pendidikan di madrasah sebagai penyeimbang dan penyempurna atas kekurangan yang ada di sekolah umum.” tegas Karyono.

Madrasah lahir atas kebutuhan masyarakat. Keberadaanya hingga kini sangat bergantung masyarakat selaku pengguna jasa pendidikan keagamaan non formal.

Sementara itu, Mustofa salah satu guru MDA menyampaikan bahwa tantangan madrasah semakin berat. Rencana pemerintah memberlakukan sistem full day school menjadi tantangan berat untuk MDA.  Dijelaskan Mustofa, belajar di MDA selama ini sering kali kalah sama les dan ekstra.

“Jika tidak di dukung 100% oleh wali murid, MDA ini suatu saat benar-benar tinggal nama dan bangunan”, tuturnya
whatsapp-image-2016-09-19-at-07-27-41
Mewakili pengelola, Mustofa yang juga ketua ranting Ansor itu menyampaikan, bahwa program akademik yang sudah berjalan dan akan terus ditingkatkan lagi.

Diantaranya, program pembiasaan siang, yang di isi berbaris di depan kelas dengan membaca ummul kitab, asmaul husna, dan doa belajar. Dilanjutkan hafalan nadzoman di dalam kelas sesuai kelas masing-masing.

Dalam membiasakan murid melakukan solat jama’ah, tambah Mustofa, madrasah juga mengajak murid kelas 3-6 ke mushola terdekat untuk jama’ah asar. Sedangkan murid kelas 1-2 praktek sholat dalam kelas.

Tidak hanya itu. setiap kamis wage, selapan sekali murid-murid di ajak untuk ziarah ke makam untuk mendoakan para pendiri dan guru mda yang telah meninggal.

Hal lain yang dibahas dalam rapat pleno adalah laporan dana pendidikan selama setahun kemarin dan rencana anggaran belanja madrasah tahun pelajaran1437/1438 H. (Fatwa Elmust/Fahroji)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here