Makrifat

0
99
Oleh: Muhammad Umar Said

Cara Allah mengenalkan Dzat-Nya kepada makhluk-Nya yaitu dengan menampakkan-Nya (tajally) baik tajally jalal (keagungan) maupun tajally jamal (keindahan). Contoh tajallly jalal adalah ketika kita melihat keagungan Allah lewat beberapa peristiwa yang menimpa kepada seluruh makhluk-Nya seperti bala’, bencana alam, sakit, dan kematian. Diharapkan dari peristiwa tersebut kita bisa mengambil pelajaran (ibrah), agar kita semakin mendekatkan diri kepada Allah, bertaubat dari segala perbuatan dosa dan maksiyat serta taat dan patuh terhadap perintah-perintah-Nya.

Adapun tajally jamal adalah ketika Allah memperlihatkan sifat keindahan dan kasih sayang-Nya. Contoh keindahan, saat kita melihat pemandangan alam yang mempesona, gunung-gunung menjulang tinggi, pelangi di langit biru, dan lain-lain. Contoh lain ketika kita melihat seorang laki-laki yang tampan dan wanita cantik yang mempesona, kita lihat dengan pandangan hati yang terbalut oleh keimananan sambil lisan mengucapkan masya Allah, subhanallah. Karena keindahan itu milik Allah.

Contoh kasih sayangnya adalah saat kita menemukan kebahagiaan, rejeki lancar, kedamaian, badan sehat, penuh canda tawa, semua itu berarti Allah sedang bersama dan menyapa kita. Ketika kita sedang mengalami hal demikian, maka wajib bersyukur terhadap segala kenikmatan yang diberikan Allah kepada kita. Semakin kita banyak bersyukur dan dekat dengan Dia, berarti kita semakin mengenal-Nya.


قال الغزالي : من عرف نفسه فقد عرف ربه

“Barangsiapa yang mengenali dirinya, maka sesungguhnya ia telah mengenal Tuhannya”.

Bagi orang yang telah makrifat kepada Allah ia memperlakukan seluruh manusia sama sebagai makhluk-Nya tanpa melihat latar belakang agama, suku, bangsa, keturunan dan lain sebagainya, hal tersebut sama sebagaimana Allah memberikan kasih sayang-Nya kepada seluruh makhluk-Nya di bumi ini.

Orang yang telah mencapai derajat makrifat, ia selalu ber-husnudhon (berbaik sangka) kepada siapapun, sebab ia meyakini bahwa hakikat kebenaran adalah milik Allah.
Allahu a’lam bish shawab.

Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here