LP Ma’arif Jalin Kerjasama dengan KIK

1
135

whatsapp-image-2016-11-18-at-19-03-04

Kendal, pcnukendal.id – LP Ma’arif Kendal pada Kamis (17/11) menjajaki kerjasama dengan Kawasan Industri Kendal (KIK). KIK adalah kawasan industri baru di kabupaten Kendal yang dikelola oleh Jababeka bekerjasama dengan pemerintah Singapura.

Mifti Haris, Humas KIK, mengatakan bahwa kawasan itu berada di lahan seluas 700 ha. Di lahan itu rencananya akan dibangun bermacam perusahaan, Gudang, dan fasilitas umum seperti tempat ibadah dan sebagainya.

“Target awal kami, KIK akan mendiami tanah seluas 1000 ha. Tapi baru 700 ha yang sudah terealisasi,” tutur Mufti.

Mufti melanjutkan, sampai saat ini sudah ada 20 perusahaan yang ikut bergabung dengan KIK. Mereka terdiri dari perusahaan berbagai bidang seperti garmen, perkayuan, otopart, sepeda onthel, mainan, mie, dan atk. Adapun yang sudah berdiri dan beroperasi baru satu perusahaan, yaitu perusahaan furniture kapal pesiar.

“Dalam hitungan kami, pada setiap hektar tanah akan menyerap sebanyak 100 orang tenaga kerja,” ungkap Mufti.

whatsapp-image-2016-11-18-at-19-03-03

H. Ibnu Darmawan, ketua LP Ma’arif Kendal, menyatakan siap menyediakan SDM yang kompeten sebanyak 50% dari jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan KIK. Ia juga menyatakan akan menyiapkan sebanyak 2.500 SDM dari sekolah yang bernaung di bawah LP Ma’arif setiap tahunnya.

Untuk memenuhi hal itu, Ibnu akan melakukan beberapa terobosan di sekolah-sekolah berbasis NU. Ia akan menambah kegiatan ekstra kurikuler yang terkait dengan kebutuhan dunia industri. Ia juga akan menyisipkan kurikulum kearifan lokal yang sesuai dengan dunia industri, juga menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga kursus dan BLK.

Selain terobosan tersebut, Ibnu Darmawan juga akan menggenjot kemampuan Bahasa Inggris siswa. Terutama kemampuan Bahasa Inggris aktif. Itu karena Bahasa Inggris merupakan kebutuhan dasar seseorang dalam memasuki dunia perusahaan yang berasal dari negara asing.

“Saya berharap, sekolah maupun madrasah bisa melaksanakan program-progam Ma’arif tersebut. Targetnya, dua tahun mendatang siswa-siswi Ma’arif sudah siap memasuki dunia industri,” terang Ibnu Darmawan. (Wahidi/Zubair)

1 KOMENTAR

  1. Mendengar berita ini sy sebagai warga NU kendal sgt berbangga. Dak kami dari Lembaga Kursus BINA MULIA siap melatih siswa siswi sekolah anda. Th ini kmi sdh bekerjasama dengan SMA NU 05 BRANGSONG. DAN kami sudah bekerjasama dengan perusahaan – Perusahaan di kawasan Industri wijaya kusuma smrg. Hub kami 081325286645 ( Muhammad Djauhari )

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here